Find Us On Social Media :

Begini Cara Coding Studio Cetak Jutaan Talenta Digital di Indonesia

By Rizal, Minggu, 6 Februari 2022 | 13:30 WIB

Coding Studio

Pada 2030 nanti diprediksi akan ada bonus demografi di Indonesia yang mana usia produktif akan lebih banyak dari usia non produktif.

Jika melihat kebutuhan perusahaan saat ini, sumber daya manusia di bidang teknologi termasuk yang paling banyak dicari. Itu sebabnya, penduduk dengan usia produktif perlu menyiapkan diri agar memiliki skill di bidang teknologi yang kerap dicari oleh banyak perusahaan.

Berangkat dari hal tersebut, pada tahun 2020 lalu sekelompok anak muda mendirikan platform belajar bernama Coding Studio.

Platform ini didirikan lantaran para Founder Coding Studio merasa Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk semakin maju di bidang teknologi mengingat pertumbuhan startup IT sangat pesat pada beberapa tahun silam.

Coding Studio di bawah PT Semua Mahir Teknologi menyediakan beragam materi pelajaran IT secara daring untuk masyarakat di lebih dari 267 kota di Indonesia. Beberapa materi terkait IT seperti Programming, Data Science, Cyber Security, Rancangan Antarmuka Pengguna (UI/UX Design), Pemasaran Digital, dan sebagainya.

"Coding Studio ingin mencetak jutaan talenta digital mulai dari anak kecil, remaja bahkan dewasa dengan berbagai latar belakang. Kami yakin bahwa siapapun bisa menjadi talent IT, karena ini adalah peluang emas Indonesia untuk menjadi garda terdepan untuk maju dalam industri teknologi," ujar Calvin selaku Co-Founder Coding Studio.

Pada setiap kursus online Coding Studio, terdapat proyek atau studi kasus yang relevan dengan topik yang diajarkan dan merupakan simulasi dari proyek atau studi kasus yang akan ditemukan member di dunia kerja. Selain itu proyek dan studi kasus ini akan dapat dijadikan portofolio oleh member yang kemudian akan dapat digunakan dalam melamar pekerjaan.

Calvin kemudian menyebutkan beberapa keahlian di bidang IT yang banyak dicari oleh perusahaan saat ini. Keahlian tersebut yakni:

Cyber Security

Saat ini ketergantungan perusahaan pada teknologi semakin tinggi. Karena itu penting bagi perusahaan untuk menjaga jaringan tetap aman dan untuk terlindung dari cyber attack.

Data Science/Analytic

Banyak bisnis yang membutuhkan data dalam setiap pengambilan keputusannya, mulai dari industri keuangan, perbankan, sampai perawatan kesehatan. "Karena itu, profesi di bidang data science atau data analytic memiliki demand yang tinggi," kata Calvin.

Cloud Computing