EnGenius EAP600 : Lebih Menarik dan Kencang

 

Foto: Dok. EnGenius
Foto: Dok. EnGenius

Beberapa dari Anda mungkin sudah akrab dengan access point berdesain mirip alat pendeteksi asap (smoke detector) dari EnGenius. Ya, EnGenius memang sering merilis produk access point dengan desain khas tersebut. Kali ini, kami kembali menguji sebuah access point dari EnGenius yang memiliki desain tersebut, EAP600.

Seperti yang sudah kami sebut, EnGenius EAP600 ini hadir dengan desain khas mirip pendeteksi asap seperti beberapa varian access point EnGenius sebelumnya. Namun, EAP600 ini memiliki tampilan yang sedikit berbeda. Access point ini memiliki ukuran yang lebih tipis, namun memiliki diameter yang lebih besar. Untuk memasangnya di langit-langit, EnGenius telah memberikan sejumlah kelengkapan dalam paket.

EnGenius EAP600 ini kini telah mendukung modus operasi dalam dua pita sekaligus, 2,4 GHz, dan 5 GHz. Berarti, jika Anda memiliki perangkat yang telah mendukung pita 5 GHz, Anda bisa memanfaatkannya untuk berkirim data berukuran besar dengan waktu yang lebih cepat karena throughput yang lebih cepat. Access point ini secara teoritis mampu menghasilkan throughput hingga 600 Mbps, kombinasi dari 300 Mbps di pita 2,4 GHz dan 5 GHz. Lalu, access point ini telah mendukung koneksi nirkabel dengan standar 802.11b, 802.11g, dan 802.11n. Sayang, access point ini belum mendukung standar terbaru 802.11ac yang mampu menghasilkan throughput lebih cepat.

Access point EnGenius EAP600 ini dapat berfungsi sebagai access point dan bridge. Untuk berpindah modus fungsi, Anda bisa melakukannya pada panel kontrol web yang bisa diakses dengan membuka alamat IP standarnya pada web browser. Namun, sebelumnya Anda harus mengatur alamat IP perangkat yang akan mengakses access point ini secara manual terlebih dahulu. Ini karena dalam kondisi standar, feature DHCP server tidak aktif. Setelah bisa mengakses, kami pun tak berhasil menemukan opsi untuk mengaktifkan DHCP server. Access point ini juga mendukung feature virtual SSID. Di pita 2,4 GHz dan 5 GHz, Anda bisa mengaktifkan hingga delapan virtual SSID. Anda juga bisa mengatur enkripsi pada setiap SSID.

Access point ini memiliki kinerja yang lumayan. Diuji pada pita 2,4 GHz, access point ini mampu memberikan throughput hingga 52 Mbps. Yang kami sukai dari access point ini adalah daya jangkaunya yang sangat baik. Tampaknya, satu unit EnGenius EAP600 ini bisa diandalkan untuk mencakup sebuah ruangan yang cukup besar.

 

Plus     : Instalasi mudah, throughput hingga 600 Mbps, pita ganda, tampilan menarik, virtual SSID.

Minus : Tanpa opsi DHCP.

 

Lumayan Cepat Dengan throughput sekitar 52 Mbps, kinerja access point ini lumayan cepat.
Lumayan Cepat
Dengan throughput sekitar 52 Mbps, kinerja access point ini lumayan cepat.

 

Lebih Tipis Dibandingkan seri-seri sebelumnya, EnGenius EAP600 ini memiliki ukuran lebih tipis.
Lebih Tipis
Dibandingkan seri-seri sebelumnya, EnGenius EAP600 ini memiliki ukuran lebih tipis.

 

Pita Ganda Multifungsi Anda bisa mengatur fungsi pita 2,4 GHz dan 5 GHz secara terpisah.
Pita Ganda Multifungsi
Anda bisa mengatur fungsi pita 2,4 GHz dan 5 GHz secara terpisah.

 

Virtual SSID EnGenius EAP600 ini juga mendukung virtual SSID hingga delapan buah.
Virtual SSID
EnGenius EAP600 ini juga mendukung virtual SSID hingga delapan buah.

 

Spesifikasi
Standar802.11b, 802.11g, 802.11n
Konektor1 x WAN/LAN 100/1000 Mbps (tergantung modus yang aktif)
Modus operasiAccess Point, Repeater
Kecepatan  transfer dataMaksimal 600 Mbps
FeaturePita ganda 2,4 GHz dan 5 GHz; WPS; Firewall; MAC Address Filter; VLAN
Dimensi/Bobot161,5 mm x 161,5 mm x 41,7 mm / 281 gram
KelengkapanPower adapter;  Kabel RJ45; CD Manual & Buku Panduan
Garansi1 tahun
Situs webwww.engenius.co.id
KontakGlobalindo Data Solusi, (021) 6220-3511

Comments

comments