Berita Freelancer asal Indonesia Jadi Juara Kompetisi Desain NASA

Freelancer asal Indonesia Jadi Juara Kompetisi Desain NASA

nasa freelancer contest

Kabar membanggakan datang dari kompetisi desain model CAD (Computer-Aided Design) yang diadakan NASA bekerjasama dengan situs Freelancer.com. Tiga desainer paruh waktu asal Indonesia berhasil meraih juara di tiga kategori lomba, yaitu Ricky dari Cikarang, Haryo Priyonggo dari Banjarbaru, dan Gede Putu Suwastika Putra dari Bali.

Kehormatan paling tinggi diperoleh Gede Putu Suwastika yang berhasil mendapatkan juara pertama untuk kategori desain Soft Goods Task Panel dan Haryo Priyonggo yang memenangkan kategori desain Sheathed Hose. Sedangkan Ricky menempatkan dua desainnya sebagai juara ketiga di dua kategori, yakni desain Flashlight dan desain Drill Battery.

“Karena Indonesia merupakan salah satu dari lima negara dengan pertumbuhan pengguna tercepat di dunia dalam platform Freelancer.com dengan lebih dari 550.000 pengguna lokal, kami percaya bahwa kompetisi ini akan membuat para freelancer Indonesia dapat menunjukkan bakat mereka kepada dunia,” kata Helma Kusuma (Indonesia Country Manager, Freelancer.com).

“Kesempatan dari NASA ini merupakan sebuah cara untuk menunjukkan keahlian dari para profesional Indonesia yang kami koneksikan secara aktif dengan pebisnis dari berbagai belahan dunia. Kami mengharapkan lebih banyak lagi freelancer Indonesia berpartisipasi dalam kontes-kontes NASA berikutnya di platform kami,”  lanjut Helma.

Selama lebih dari dua bulan terakhir, NASA Tournament Lab (NTL) telah menyelenggarakan kontes berseri di Freelancer.com (https://www.freelancer.co.id/contest/challenges/nasa) untuk meng-crowdsource-kan sejumlah pekerjaan dan masalah yang dihadapi oleh NASA karena mereka sedang membangun kemampuan bagi eksplorasi luar angkasa.

Lebih dari seribu desainer di bidang UX, grafik, dan industri dari seluruh dunia memutuskan ambil bagian dalam tantangan tersebut dan membantu NASA mendorong batas imajinasi dan inovasi.

“Kami merasa terhormat menyambut NASA ke dalam komunitas 16,7 juta pengguna kami di dunia, membantu menciptakan teknologi-teknologi dan ide-ide yang dapat digunakan bagi eksplorasi luar angkasa sekarang dan di masa depan,” ujar Matt Barrie (Founder & CEO, Freelancer.com).

Kompetisi yang dilakukan baru-baru ini adalah proyek desain bagi aplikasi smartwatch untuk para astronot, ide-ide untuk aplikasi yang menggunakan protokol Disruption Tolerant Networking (DTN) dari NASA, sejumlah model CAD dari peralatan untuk Robonaut 2 (R2), serta desain-desain lainnya untuk produk yang akan digunakan di Stasiun Luar Angkasa Internasional dan berbagai tempat lainnya.

Salah satu anggota dari tim penilai adalah Vint Cerf, Vice President Google yang dikenal juga sebagai “Bapak Internet” karena hasil kerjanya membangun koleksi protokol TCP/IP yang menjadi kekuatan inti dari jaringan internet.

Comments

comments