Uji Produk Periferal Netgear WNR614: Desain Sederhana, Feature Lumayan

Netgear WNR614: Desain Sederhana, Feature Lumayan

Foto: Dok. Netgear

Foto: Dok. Netgear

Netgear kembali menghadirkan sebuah perangkat jaringan nirkabel di kelas entry-level. Kali ini, kami kedatangan sebuah perangkat wireless router Netgear WNR614 yang diposisikan untuk memenuhi kebutuhan jaringan nirkabel standar baik di rumah maupun di ruang kerja Anda.

Wireless router Netgear WNR614 memiliki spesifikasi yang terbilang biasa saja. Namun, spesifikasi tersebut sudah cukup memadai apabila Anda hanya memiliki jaringan nirkabel yang sederhana dengan jumlah perangkat yang terhubung tak terlalu banyak. Netgear WNR614 ini mendukung koneksi nirkabel 802.11b/g/n. Kecepatan throughput yang dihasilkan maksimal mencapai 300 Mbps.

Untuk koneksi jaringan dengan kabel, wireless router ini memiliki empat buah port LAN dan satu buah port WAN. Seluruh port tersebut belum mendukung kecepatan 1 Gbps, maksimalnya sebesar 100 Mbps. Untuk koneksi nirkabel, wireless router ini memiliki dua buah antena yang ada di bagian belakangnya. Kualitas daya pancar antenanya tergolong cukup baik untuk menjangkau ruangan berukuran cukup besar tanpa adanya penurunan kualitas sinyal.

Dari sisi tampilan, wireless router Netgear WNR614 ini memiliki desain yang sederhana. Ukurannya pun tak terlalu besar sehingga tidak akan memakan banyak tempat. Bahkan, di dalam paket penjualannya Netgear juga telah menyertakan sebuah dudukan tambahan. Dudukan tambahan ini bisa digunakan untuk memposisikan wireless router ini secara vertikal sehinga membuatnya semakin hemat tempat. Oh ya, dua buah antena di bagian belakangnya tak bisa dilepas sehingga Anda tak bisa menukarnya dengan yang lebih besar jika diperlukan.

Wireless router Netgear WNR614 ini hadir dengan feature yang cukup lumayan. Contohnya dkungan guest network dengan dukungan profil SSID virtual sebanyak tiga profil yang bisa Anda manfaatkan untuk menyajikan koneksi nirkabel untuk tamu-tamu Anda, namun tetap memberikan rasa aman pada perangkat lain karena berada di jaringan yang terpisah. Untuk konfigurasi yang mudah dan cepat, Netgear juga menyediakan sebuah configuration wizard yang juga bisa dilakukan melalui perangkat mobile seperti smartphone atau tablet.

Belum Gigabit: Seluruh port LAN di bagian belakangnya belum mendukung kecepatan gigabit.

Belum Gigabit: Seluruh port LAN di bagian belakangnya belum mendukung kecepatan gigabit.

Mudah: Konfigurasi wireless router ini melalui panel kontrol web yang tersedia termasuk mudah.

Mudah: Konfigurasi wireless router ini melalui panel kontrol web yang tersedia termasuk mudah.

Plus: Dimensi ringkas; ada fungsi guest network

Minus: Antena tak bisa dilepas; LAN belum gigabit

SpesifikasiNetgear WNR614
Standar802.11b, 802.11g, 802.11n
Konektor4 x LAN 100 Mbps, 1 x WAN 100 Mbps
Modus OperasiWireless router
Kecepatan transfer data300 Mbps
FiturDHCP Server, MAC Address Filter, URL Filter
KelengkapanPower adapter, Manual, Kabel-kabel, Dudukan tambahan
Situs webwww.netgear.com
Garansi1 tahun
KontakIntegra Global Solusi, (021) 569-43644

Comments

comments