Sony Xperia Z5 Dual: Pertama dengan Pemindai Sidik Jari

sony-1-min

Menjelang akhir tahun 2015 kemarin, Sony meluncurkan produk flagship terbarunya yaitu Xperia Z5 Dual. Xperia Z5 Dual ini merupakan varian SIM ganda dari Xperia Z5. Keputusan Sony untuk menghadirkan varian SIM ganda di Indonesia sepertinya untuk memenuhi kebutuhan pengguna di Indonesia yang umumnya memiliki lebih dari satu nomor.

Sony Xperia Z5 Dual ini meluncur hanya beberapa bulan berselang setelah Sony meluncurkan Xperia Z3+. Secara tampilan, keduanya memiliki desain yang bisa dibilang serupa. Tampilan depannya tergolong minimalis dan elegan. Begitu juga dengan bagian belakangnya yang menggunakan material kaca, khas seperti seri-seri sebelumnya yang membuatnya terlihat sangat mewah. Di balik desainnya yang mewah, smartphone ini telah mengantongi sertifikasi IP68. Artinya, smartphone ini tahan terhadap debu dan tahan air hingga kedalaman 1,5 meter selama tiga puluh menit. Layarnya berukuran 5,2 inci dengan resolusi 1.080 x 1.920 pixel.

Dapur pacu pada Xperia Z5 Dual menggunakan chip delapan inti Qualcomm Snapdragon 810 yang berisi empat inti Cortex-A57 2 GHz dan empat inti Cortex-A53 1,5 GHz. Chip tersebut juga digunakan pada seri Xperia Z3+. Namun bedanya, chip yang digunakan pada Xperia Z5 Dual ini diklaim memiliki suhu kerja yang lebih rendah dibandingkan dengan yang digunakan pada seri sebelumnya. Smartphone ini juga dibekali dengan RAM sebesar 3 GB yang terbilang leluasa untuk menjalankan berbagai aplikasi.

Untuk kapasitas penyimpanan, Sony Xperia Z5 Dual ini memiliki memori internal sebesar 32 GB. Jika dianggap masih kurang, Anda bisa menambahkan penyimpanan eksternal micro-SD yang mendukung kapasitas hingga dua ratus GB. Letak selot kartu micro-SD ada di sisi kiri atas, bersebelahan dengan selot dua kartu nano-SIM.

Sama seperti seri-seri Xperia Z sebelumnya, kamera menjadi salah satu nilai jual utama pada Xperia Z5 Dual ini. Kamera belakangnya kini memiliki resolusi 23 megapixel dan dilengkapi dengan phase detect autofocus yang bisa menghasilkan kecepatan fokus yang lebih cepat dan akurat. Kamera belakang ini juga sudah mendukung perekaman video 4K. Sementara kamera depannya memiliki resolusi lima megapixel dengan dukungan video 1080p. Tersedia berbagai efek untuk memberikan sentuhan unik dan berbeda pada foto Anda.

Sony Xperia Z5 Dual ini juga menjadi Xperia pertama yang memiliki pemindai sidik jari. Pemindai sidik jari tersebut diletakkan di sisi kanan, di tombol power yang kini memiliki desain baru. Jadi, Anda bisa menggunakan sidik jari Anda sebagai pengganti password dan membuka serta mengunci layar Anda. Sayangnya saat kami coba, pemindai sidik jari ini tidak bisa membuka kunci layar pada saat layar dalam keadaan mati. Jadi, Anda harus menyalakan layar terlebih dahulu dengan menekan tombol power atau mengetuk layar dua kali, baru pemindai sidik hari ini bisa berfungsi untuk membuka kunci layarnya. Namun secara umum, pemindai sidik jarinya tergolong responsif, akurat, dan mudah digunakan.

Bermodalkan salah satu chip terkencang yang dimiliki oleh Qualcomm hingga saat ini, Sony Xperia Z5 Dual mampu menghasilkan kinerja yang sangat baik untuk menjalankan berbagai aplikasi serta game berat. Dalam penggunaan intensif, smartphone ini masih mengeluarkan panas yang cukup terasa, terutama di bagian atas di dekat kamera. Namun meskipun begitu, panas yang dihasilkan masih dalam batas wajar dan tidak mengganggu kinerja smartphone secara keseluruhan.

Kamera belakangnya bisa mengambil foto hingga 23 megapixel dan merekam video hingga resolusi 4K. Kualitasnya pun cukup baik.
Kamera belakangnya bisa mengambil foto hingga 23 megapixel dan merekam video hingga resolusi 4K. Kualitasnya pun cukup baik.
Tombol power di sebelah kanan juga berfungsi sebagai pemindai sidik jari.
Tombol power di sebelah kanan juga berfungsi sebagai pemindai sidik jari.
Tombol yang didedikasikan khusus untuk memotret juga bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi kamera.
Tombol yang didedikasikan khusus untuk memotret juga bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi kamera.
Seperti biasa, Sony menyediakan berbagai mode dan efek pengambilan gambar sehingga langkah mengambil foto menjadi lebih menyenangkan.
Seperti biasa, Sony menyediakan berbagai mode dan efek pengambilan gambar sehingga langkah mengambil foto menjadi lebih menyenangkan.
Walaupun port USB-nya dibiarkan terbuka, smartphone ini tetap tahan air.
Walaupun port USB-nya dibiarkan terbuka, smartphone ini tetap tahan air.

Hasil uji

PengujianSony Xperia Z5 Dual
Antutu Benchmark 6.075572
PCMark – Work Performance5093
3Dmark - Ice Storm Maxed Out
3Dmark - Ice Storm ExtremeMaxed Out
3Dmark - Ice Storm Unlimited27180
GeekBench 3 - Single Core 1335
GeekBench 3 - Multi Core4365

Plus: SIM ganda, mendukung LTE, kinerja kencang, kamera bagus, ada pemindai sidik jari.

Minus: Terasa panas saat penggunaan, fungsi pemindai sidik jari terasa tanggung, harga tinggi.

Spesifikasi Sony Xperia Z5 Dual
Chip prosesor Qualcomm Snapdragon 810 (quad core Cortex-A57 2 GHz & quad core Cortex-A53 1,5 GHz)
RAM 3 GB
Chip grafis Adreno 430
Selot SIM Dual nano-SIM
Kapasitas memori internal 32 GB
Dukungan koneksi USB (mendukung OTG), Wi-Fi 802.11 b/g/n/ac, Bluetooth 4.1, GPS
Kamera 23 megapixel (belakang), 5 megapixel (depan)
Layar 5,2 inci 1.080 x 1.920 pixel
Kapasitas baterai 2.900 mAh
Dimensi/bobot 146 x 72 x 7,3 mm/154 gram
Jaringan seluler HSDPA & LTE
Sistem operasi Android 5.1.1 (Lollipop)
Situs web www.sonymobile.com
Garansi 1 tahun
HargaRp9.999.000

Comments

comments