Berita IBM Linux Challenge 2016 Dukung Jakarta Smart City

IBM Linux Challenge 2016 Dukung Jakarta Smart City

IBM-Linux-Challenge-2016
Mengikuti suksesnya penyelenggaraan kompetisi yang sama di tahun 2015, IBM Indonesia sejak tanggal 11 Mei 2016 menggelar “IBM Linux Challenge 2016” yang diresmikan oleh Bapak Setiaji selaku Kepala Unit Pengelola Jakarta Smart City di Balai Agung, Balai Kota Pemprov DKI Jakarta.

Ajang kompetisi yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan para developer Teknologi Informasi (TI) dalam membuat aplikasi lokal menggunakan platform berbasis Linux/Open Source ini mengumpulkan 53 proposal dalam kurun waktu empat bulan untuk dua kategori peserta yaitu Mahasiswa dan Profesional.

Dari jumlah proposal tersebut yang terdaftar, tim juri yang terdiri dari IBM Indonesia, Bapak Budi Rahardja yang mewakili praktisi dan tokoh open source serta perwakilan Jakarta Smart City mengundang 18 proposal terpilih untuk mempresentasikan ide dan memilih empat pemenang.

Lumen terpilih sebagai pemenang pertama yang mengedepankan robot bantuan informasi (helpdesk) otomatis berbasis kecerdasan buatan yang dapat memberikan layanan informasi dan menjawab pertanyaan. Aplikasi ini pun rencananya akan diterapkan sebagai bagian dari Jakarta Smart City. Sementara IT Corp terpilih sebagai pemenang pertama untuk kategori profesional atas aplikasi yang memfasilitasi masyarakat modern dalam mengakses layanan kesehatan dengan cepat, tepat dan mantap.

“Ajang ini mengusung konsep Smart City dimana IBM telah mendukung beberapa kota di negara lain seperti Rio De Jeneiro – Brazil dan Davao – Filipina dalam mewujudkan smart city, untuk itu kami sangat berharap aplikasi yang tercipta dapat mendukung konsep Jakarta Smart City dan bermanfaat bagi masyarakat luas Jakarta,” ujar Al Novam Basukiwijaya, Country Manager Hardware IBM Indonesia. “Kedepannya kami berharap dapat terus mencari developer TI di tanah air untuk berkarya dan memberikan kontribusinya melalui ajang yang serupa dan berkelanjutan”.

Kegiatan serupa ini diharapkan dapat menarik minat developer dalam negeri untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi lokal yang bermanfaat bagi bangsa Indonesia. Sebagai perusahan teknologi terdepan, IBM Indonesia akan terus berupaya mendukung kreatifitas developer dalam negeri dalam berkarya karena kami percaya Bangsa Indonesia memiliki kemampuan yang tidak kalah dengan bangsa lain dalam hal TI.

IBM Linux Challenge 2016 ini terselenggara atas dukungan Avnet Datamation Solutions dan PT Global Infotech Solution yang juga merupakan IBM Business Partner, dimana mitra IBM Indonesia ini juga akan membantu memperkenalkan dan memasarkan aplikasi dengan menggunakan IBM Server Power Linux.

Berikut keempat peserta yang berhasil menjadi pemenang yaitu:
• Lumen – Pemenang pertama kategori Mahasiwa
• Sinar Indonesia Jaya – Pemang kedua kategori Mahasiswa
• IT Corp – Pemenang pertama kategori Profesional
• Indjuri – Pemenang kedua kategori Profesional

Comments

comments