Lenovo Vibe K4 Note: Smartphone dengan Pengalaman VR Ala Layar Lebar

utama

Lenovo menawarkan solusi mudah dan murah bagi Anda yang ingin merasakan pengalaman VR (virtual reality) dengan menghadirkan smartphone Lenovo Vibe K4 Note. Pada paket penjualannya, perangkat ini telah di-bundle dengan perangkat VR bernama AntVR. Lenovo Vibe K4 Note memang mengedepankan fungsi multimedia sebagai “jualan” utamanya. Namun tidak hanya itu yang menjadi keunggulannya.

AntVR menggunakan konsep yang sedikit berbeda dengan cardboard atau perangkat VR kebanyakan yang menggunakan desain tertutup pada seluruh sisinya. AntVR memiliki sisi yang terbuka sehingga Anda bisa melihat situasi di luar ruang lingkup VR. Namun konsep ini ada alasannya. AntVR tidak menyediakan tombol khusus untuk navigasi atau menjalankan fungsi tertentu seperti cardboard. Oleh karena itu, Anda bisa melakukan cara-cara tadi secara manual dengan menekan jari pada layar melalui kisi-kisi tersebut.

Yang menarik, smartphone ini menyertakan mode VR sehingga konten non-VR bisa diubah ke VR. Caranya dengan menekan tombol Power beberapa detik hingga tampil pilihan menu, yang salah satunya untuk mengaktifkan mode VR.

Sebagai smartphone multimedia dengan dukungan teknologi VR, tidak heran jika Lenovo Vibe K4 Note menyematkan sensor sampai dua belas jenis. Salah satunya adalah gyroscope yang merupakan salah satu syarat dalam menjalankan aplikasi VR menggunakan perangkat VR. Begitu pula untuk dukungan multitouch pada layar Lenovo yang sampai sepuluh titik sentuh secara bersamaan.

Hanya saja sensor gyroscope ini tidak berjalan sempurna pada beberapa aplikasi VR yang ada di Google Play. Bahkan pada aplikasi keluaran Google yaitu Cardboard, tampilan VR agak sedikit berbayang dan membuat pusing jika digunakan agak lama.

Perangkat AntVR terlihat lebih mengedepankan fungi untuk menyaksikan tampilan ala sinema layar lebar. Hal itu dipertegas dengan fitur Theater Max yang diadopsinya. Dengan mengaktifkan mode VR dari menu utama, Anda bisa menyaksikan konten biasa ke mode sinema. Jadi Anda bisa menonton video, film, ataupun konten dari YouTube menggunakan AntVR dengan cara yang berbeda, yakni ala tampilan layar bioskop.

Kinerja smartphone Lenovo ini terbilang bagus. Berbagai game yang kami coba seperti Mortal Kombat X, UFC, serta Need for Speed No Limits mampu berjalan mulus tanpa lag. Sedangkan aplikasi uji yang kami gunakan menunjukkan bahwa kinerjanya tidak jauh berbeda dengan smartphone lain yang memiliki spesifikasi sejenis, contohnya dengan LG K10.

Ketahanan baterai Lenovo Vibe K4 Note terbilang cukup baik meski tidak terlalu istimewa. Bermodalkan baterai dengan kapasitas 3.300 mAh, melalui aplikasi PCMark for Android yang mensimulasikan penggunaan smartphone secara umum, baterainya mampu bertahan selama 5 jam 35 menit.

Perangkat VR Untuk menggunakan mode VR, Anda tinggal menyelipkan smartphone di bagian depan AntVR.
Perangkat VR
Untuk menggunakan mode VR, Anda tinggal menyelipkan smartphone di bagian depan AntVR.

 

Sensor sidik jari Posisi sensor sidik jari di bagian belakang memudahkan pengoperasian menggunakan satu tangan saja.
Sensor sidik jari
Posisi sensor sidik jari di bagian belakang memudahkan pengoperasian menggunakan satu tangan saja.

 

Fitur selfie Kamera depan menyematkan banyak fitur untuk kemudahan selfie.Salah satunya dengan cara mengucapkan kata tertentu untuk mengambil gambar tanpa harus menyentuh layar.
Fitur selfie
Kamera depan menyematkan banyak fitur untuk kemudahan selfie.Salah satunya dengan cara mengucapkan kata tertentu untuk mengambil gambar tanpa harus menyentuh layar.

 

Mode VR Dengan mengaktifkan mode VR, tampilan biasa bisa berubah ke mode sinematik sehingga Anda bisa mengoperasikannya melalui perangkat AntVR.
Mode VR
Dengan mengaktifkan mode VR, tampilan biasa bisa berubah ke mode sinematik sehingga Anda bisa mengoperasikannya melalui perangkat AntVR.

 

Fingerprint dan gesture Selain fingerprint, smartphone ini juga menghadirkan beragam fitur gesture yang memudahkan Anda untuk mengaktifkan fungsi tertentu dengan cara yang lebih praktis.
Fingerprint dan gesture
Selain fingerprint, smartphone ini juga menghadirkan beragam fitur gesture yang memudahkan Anda untuk mengaktifkan fungsi tertentu dengan cara yang lebih praktis.

Hasil pengujian

PengujianLenovo Vibe P1 TurboLenovo Vibe K4 Note
Antutu Benchmark 6.1.43719638444
PCMark – Work Performance37114009
3Dmark - Ice Storm92997552
3Dmark - Ice Storm Extreme55104246
3Dmark - Ice Storm Unlimited79766811
GeekBench 3 - Single Core662629
GeekBench 3 - Multi Core28382759

PLUS: Desain smartphone ergonomis, kinerja bagus, ada fitur TheaterMax dengan teknologi VR, sudah termasuk perangkat AntVR, harga kompetitif.

MINUS: Sensor gyroscope bekerja kurang sempurna.

SpesifikasiLenovo Vibe K4 Note
Chip prosesorMediaTek MT6753 (octa core 1,3 GHz)
RAM3 GB
Chip grafisMali-T720MP3
Selot SIMDual nano SIM
Kapasitas memori internal16 GB
Dukungan koneksiWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Wi-Fi Direct, Hotspot, Bluetooth 4.0, A2DP, LE, GPS, A-GPS, GLONASS, jack audio 3,5 mm, micro-USB, USB OTG
KameraBelakang: 13 MP, video 1080p/Depan: 5MP, video 720p
Layar5,5″ Full HD 1.920 x 1.080 pixel @ 401 ppi
Kapasitas bateraiNon-removable Li-Po 3.300 mAh
Dimensi/bobot15,36 x 7,65 x 0,92 cm/158 gram
Jaringan selulerGSM/HSPA/LTE
Sistem operasiAndroid 5.1 Lollipop (VibeUI)
Situs webwww.lenovomobile.id
Garansi1 tahun
HargaRp2.899.000

Comments

comments