Berita Google Mulai Uji Coba Instant Apps di Android, Bisa Buka Aplikasi Tanpa...

Google Mulai Uji Coba Instant Apps di Android, Bisa Buka Aplikasi Tanpa Instalasi

Fitur Instant Apps di Android.

Google memulai fase uji coba untuk fitur Instant Apps di sistem operasi Android. Dengan fitur ini, para pengguna Android bisa membuka aplikasi dari tautan tertentu di mobile web, tanpa perlu mengunduh dan menginstalasi.

Cara kerja fitur Instant Apps ini mirip seperti kita membuka halaman web. Misalnya, ketika kita mengeklik tautan ke sebuah tweet dari halaman pencarian Google, kita akan dibawa ke “modul” aplikasi Twitter yang menampilkan tweet tersebut, meskipun kita tidak memiliki aplikasi Twitter di smartphone.

Fitur ini sangat berguna bagi para pemilik situs yang ingin mengarahkan lalu lintas pengguna ke aplikasi mobile-nya sekaligus mengatasi keterbatasan mobile web. Contohnya, proses transaksi pembelian atau menonton video yang memberikan pengalaman lebih sempurna di aplikasi ketimbang di peramban mobile.

Tidak mengherankan jika Google memilih situs-situs semacam itu untuk dimasukkan ke dalam uji coba, yaitu Buzzfeed, Periscope, Viki, dan Wish. Google mengharapkan kritik dan masukan dari para pengguna yang sudah menjajal fitur ini.

Instant Apps pertama kali diperkenalkan Google pada acara Google I/O tahun lalu. Tim pengembang Android mengatakan bahwa uji coba fitur ini mulai digelar untuk aplikasi-aplikasi terpilih dan para pengguna yang telah menggunakan Android versi terbaru, yaitu Android 7.0 Nougat.

Beberapa fitur software mulai dibuka kepada para pengembang Android, sedangkan SDK (Software Development Kit) versi penuh akan dirilis dalam beberapa bulan ke depan.

Video demonstrasi Instant Apps di Google I/O 2016: