CTI Summit 2017 Road to CTI Summit 2017: Manfaat Machine Learning dalam Sektor Pemerintahan

Road to CTI Summit 2017: Manfaat Machine Learning dalam Sektor Pemerintahan

Menkominfo Rudiantara.

Meski memiliki sistem transportasi publik terbaik di dunia, Singapura tetap memiliki tantangan dalam mengatur pergerakan warga. Salah satunya adalah tingginya pergerakan pekerja dari dan ke pusat bisnis (seperti kawasan Marina Bay), utamanya pada jam sibuk. Untuk mengatasi hal ini, pemerintah Singapura mengeluarkan program regional center yang diharapkan akan berfungsi pada tahun 2030.

Melalui program ini, akan dibangun beberapa regional center yang tersebar di negara pulau tersebut. Pelaku bisnis di industri yang sama akan didorong menempati regional center yang tertentu. Dengan begitu, kegiatan bisnis akan tersebar dan tidak lagi terpusat di kawasan bisnis yang ada saat ini.

Namun untuk bisa menentukan lokasi regional center yang tepat, Pemerintah Singapura membutuhkan data pergerakan warganya. Untuk itu, A*STAR (Agency for Science, Technology and Research) mencoba menganalisis pergerakan warga berdasarkan data yang ada. Data tersebut berupa sistem smart card yang digunakan warga saat naik angkutan umum, data peruntukan lahan (bisnis atau tempat tinggal), serta lokasi fasilitas umum (amenities).

Untuk menganalisis data yang demikian besar tersebut, tim A*STAR pun menggunakan pendekatan machine learning. Mereka mencoba tiga tipe machine learning, sampai akhirnya menemukan pendekatan machine learning berbasis decision tree model yang memberikan data paling akurat.

“Hasil analisis menunjukkan, peningkatan fasilitas sampai 55% akan meningkatkan jumlah penggunaan angkutan umum,” ungkap Christopher Monterola dari A*STAR. Di atas angka tersebut, penggunaan angkutan umum akan menurun. “Dan hal ini logis karena ketika lokasi fasilitas umum relatif dekat, warga akan memilih berjalan kaki,” tambah Christopher.

Contoh di atas adalah sedikit gambaran bagaimana machine learning bisa digunakan di sektor pemerintahan. Hal ini pun disadari Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Rudiantara, salah satu keynote speaker di acara CTI IT Infrastructure Summit 2017, konferensi di bidang TI yang diselenggarakan setiap tahun oleh CTI Group.

“Selama ini di korporasi, pemanfaatan machine learning kebanyakan di internal,” ungkap Rudiantara. Jika pemanfaatan machine learning juga ditujukan untuk melayani publik, diharapkan masyarakat akan mendapatkan manfaat yang lebih besar. “Akhirnya di sisi pasokan teknologinya juga akan berkembang,” tambah Rudiantara.

Rudiantara adalah salah satu dari banyak pembicara ahli yang akan hadir di acara CTI IT Infrastructure Summit 2017. Jika Anda tertarik, silakan daftarkan diri Anda menjadi peserta konferensi teknologi tahunan ini di alamat www.itinfrastructuresummit.com.

Comments

comments