Berita Tahun 2017, Jumlah Miliuner Teknologi di Dunia Pecahkan Rekor

Tahun 2017, Jumlah Miliuner Teknologi di Dunia Pecahkan Rekor

Tiga miliuner teknologi terkaya tahun 2017: Bill Gates, Jeff Bezos, dan Mark Zuckerberg.

Jumlah miliuner di bidang teknologi berhasil memecahkan rekor tertinggi pada tahun ini.

Seperti dilansir Forbes, saat ini terdapat 183 orang miliuner teknologi dalam “Forbes 2017 World’s Billionaires List” atau 23 orang lebih banyak daripada tahun lalu. Yang menakjubkan, kalau digabungkan, total harta kekayaan milik ke-183 orang ini bisa mencapai US$1 triliun atau sekitar Rp13 kuadriliun!

Akan sangat panjang jika ke-183 nama miliuner teknologi itu disebutkan satu per satu di sini. Yang jelas, Forbes menyebutkan bahwa tiga dari lima orang terkaya di dunia berasal dari bidang teknologi. Mereka adalah: Bill Gates (Pendiri dan mantan CEO Microsoft, nomor 1), Jeff Bezos (Pendiri dan CEO Amazon, nomor 2), dan Mark Zuckerberg (Pendiri dan CEO Facebook, nomor 3).

Berstatus sebagai orang terkaya di dunia, Bill Gates memiliki harta bersih US$86 miliar (sekitar Rp1,1 kuadriliun) atau meningkat US$11 miliar dari tahun lalu. Kekayaannya antara lain terdiri dari kepemilikan saham Microsoft serta hasil investasi modal dan penanaman saham di Ecolab, Deere, dan Canadian Pacific Railway.

Meski kaya raya, Gates tergolong salah satu filantropis (dermawan) paling besar di dunia. Ia kerap menyumbangkan dana bagi aksi sosial, kesehatan, dan lingkungan.

Miliuner teknologi kedua terkaya adalah Jeff Bezos dengan harta bersih US$72 miliar (sekitar Rp958 triliun). Ia merupakan miliuner yang berhasil meraup kekayaan paling besar sepanjang tahun 2016 dengan perolehan US$27,6 miliar. Salah satu faktornya yaitu harga saham Amazon yang meroket 67% akibat kesuksesan layanan cloud Amazon Web Services (AWS).

Mark Zuckerberg menempati posisi ketiga dalam daftar miliuner teknologi terkaya. Ia memiliki harta bersih US$56 miliar (sekitar Rp746 triliun) atau naik US$11,4 miliar sejak tahun lalu. Kenaikan harga saham Facebook sebesar 31% menjadi elemen penting dalam peningkatan kekayaan pria yang baru berusia 32 tahun ini.

Berikut adalah daftar 10 besar miliuner teknologi terkaya di dunia versi Forbes untuk tahun 2017:

  1. Bill Gates (Pendiri dan mantan CEO, Microsoft) – harta US$86 miliar
  2. Jeff Bezos (Pendiri dan CEO, Amazon) – harta US$72,8 miliar
  3. Mark Zuckerberg (Pendiri dan CEO, Facebook) – harta US$56 miliar
  4. Larry Ellison (Pendiri, Oracle) – harta US$52,2 miliar
  5. Larry Page (Pendiri dan CEO, Google/Alphabet) – harta US$40,7 miliar
  6. Sergey Brin (Pendiri dan Presiden, Google/Alphabet) – harta US$39,8 miliar
  7. Steve Ballmer (Mantan CEO, Microsoft) – harta US$30 miliar
  8. Jack Ma (Pendiri dan CEO, Alibaba) – harta US$28,3 miliar
  9. Ma Huateng (Pendiri dan CEO, Tencent) – harta US$24,9 miliar
  10. Masayoshi Son (Pendiri dan CEO, SoftBank) – harta US$21,2 miliar

Comments

comments

NO COMMENTS

Leave a Reply