Berita Asyik! Sekarang Instagram di Android Bisa Dipakai Offline

Asyik! Sekarang Instagram di Android Bisa Dipakai Offline

Ilustrasi Instagram di Android.

Berdasarkan statistik, 80 persen dari total 600 juta pengguna Instagram tinggal di luar Amerika Serikat, termasuk negara-negara berkembang yang umumnya memiliki keterbatasan akses internet.

Mengetahui hal itu, Facebook ingin memanjakan para pengguna Instagram di negara-negara berkembang dengan menyediakan fasilitas akses Instagram secara offline alias tanpa koneksi internet. Kemampuan tersebut diungkap Facebook di tengah konferensi tahunan F8 di San Jose, AS, Selasa (18/7).

[BACA: Fitur Baru Instagram, Bisa Simpan Banyak Foto dalam Satu Album Pribadi]

Saat ini, fasilitas akses offline Instagram itu baru tersedia di Android, sistem operasi yang paling banyak digunakan di negara-negara berkembang. Namun, ke depan Facebook juga akan menghadirkannya di iOS, seperti dilansir TechCrunch.

Memang tidak semua aktivitas bisa dilakukan secara offline di Instagram. Tetapi, sebagian besar kegiatan yang sering dilakukan pengguna sudah tercakup dalam fitur ini, walaupun tidak secara real-time. Pengguna bisa melihat foto dan membuka profil pengguna (yang sudah dibuka sebelumnya), mengeklik love dan menulis komentar, sampai mem-follow dan unfollow akun lainnya.

Kegiatan-kegiatan tersebut akan disimpan dalam memori cache aplikasi sampai pengguna terhubung dengan koneksi internet lagi. Setelah online, barulah aksi-aksi itu dijalankan.

Sebelumnya, aktivitas offline yang dapat dilakukan di aplikasi Instagram hanya menyimpan draft dan mengunggah foto. Metodenya sama, aktivitas itu akan disimpan di memori sampai pengguna kembali online.

Dengan fasilitas ini, Facebook bertujuan memperbesar basis pengguna di negara-negara dengan koneksi internet yang tidak stabil atau harga paket data yang masih mahal. Tampaknya, Facebook ingin meniru resep sukses aplikasi Facebook Lite yang sanggup mendulang 200 juta pengguna dalam satu tahun.

Leave a Reply

Komentari artikel ini

Notifikasi tentang
avatar
wpDiscuz