Berita Google Pertimbangkan Pasang Pemblokir Iklan di Peramban Chrome

Google Pertimbangkan Pasang Pemblokir Iklan di Peramban Chrome

Iklan Google Chrome. [Foto: Flickr/Elliott Brown]

Google dikabarkan sedang mempertimbangkan untuk memasang pemblokir iklan secara default pada peramban Chrome versi desktop dan mobile.

Seperti dilaporkan oleh The Wall Street Journal, Google melihat maraknya penggunaan extension atau aplikasi pemblokir iklan (ad-blocker) yang dibuat oleh pihak ketiga dalam peramban Chrome. Bahkan, terdapat 600 juta perangkat di seluruh dunia yang telah memasang aplikasi pemblokir iklan.

[BACA: Pemasang Iklan Ramai-ramai Boikot YouTube dan Google, Kenapa?]

Alasannya, banyak pengguna Chrome–peramban terpopuler di dunia saat ini–dan juga pengguna internet lainnya yang sudah merasa gerah dengan kemunculan iklan-iklan online yang sering mengganggu pengalaman menikmati konten.

Namun, Google merasa bahwa daripada bergantung pada aplikasi pemblokir iklan pihak ketiga, lebih baik pengguna Chrome bisa menggunakan fitur serupa yang disediakan secara bawaan oleh Chrome.

Dengan begitu, Google dapat ikut menentukan jenis iklan mana saja yang diblokir dan yang boleh ditayangkan, selama tidak mengganggu pengalaman pengguna. Apalagi, Google meraup banyak pemasukan dari bisnis iklan online.

Google diketahui rela membayar sejumlah uang agar bisa masuk dalam program “Acceptable Ads” milik Eyeo, pengembang aplikasi AdBlock Plus. Tujuannya supaya AdBlock Plus tetap mengizinkan iklan Google ditayangkan di mesin pencari dan selot-selot iklan lainnya.

Google juga bergabung dengan kelompok industri periklanan Coalition for Better Ads yang menerbitkan standar iklan online yang lebih baik (Better Ads Standards) pada Maret 2017.

WSJ mengklaim bahwa Google berencana memutuskan untuk meluncurkan atau membatalkan fitur pemblokir iklan di Chrome ini dalam beberapa pekan ke depan.

Pada tahun lalu, Opera telah terlebih dahulu memasang fitur pemblokir iklan bawaan pada seluruh jenis perambannya, termasuk Opera untuk desktop, Opera untuk Android, dan Opera Mini.

Comments

comments

NO COMMENTS

Leave a Reply