Berita Mantan Bos Microsoft Ungkap Pengelolaan APBN Pemerintah AS Lewat Situs Ini

Mantan Bos Microsoft Ungkap Pengelolaan APBN Pemerintah AS Lewat Situs Ini

Steve Ballmer

Banyak tuntutan yang mengharuskan pemimpin negara untuk transparan terkait pengeluaran anggaran pengeluaran dan belanja negara (APBN).

Steve Ballmer (Mantan CEO Microsoft) telah menghabiskan dana sekitar US$10 juta atau sekitar Rp133 miliar untuk membuat database yang mengungkap alokasi APBN Pemerintah Amerika Serikat, mencakup anggaran pengeluaran negara dari penerimaan pajak pemerintah federal, negara bagian, dan pemerintah lokal.

Data tersebut kemudian dipublikasikan lewat situs USA Facts, seperti dilansir The New York Times.

Situs USA Facts memungkinkan warga AS untuk membandingkan data pengeluaran di beberapa kota atau negara bagian. Misalnya, warga bisa melihat jumlah personel kepolisian di suatu wilayah dan dibandingkan dengan jumlah kasus kriminal di daerah tersebut, atau mengecek angka penerbitan tiket parkir di sebuah kota dan pemasukan parkir di kota itu.

Situs USA Facts.

Ballmer berinisiatif membuat situs ini setelah ia pensiun dari Microsoft pada tahun 2014. Saat itu, ia menolak untuk menjadi filantropi (miliuner yang menyumbangkan dana bagi tujuan kemanusiaan) karena merasa sudah membayar pajak kepada pemerintah untuk didermakan.

Namun, Ballmer kemudian bertanya-tanya ke manakah pengeluaran dana pemerintah saat ini yang diambil dari uang pajaknya. Karena itu, Ballmer bekerjasama dengan Universitas Pennsylvania untuk membuat proyek ini.

Tentunya, inisiatif Ballmer dalam mendorong transparansi anggaran negara bukanlah yang pertama terjadi di AS.

Sebelumnya, Sunlight Foundation pernah menggunakan big data untuk menganalisis anggaran belanja Pemerintah AS.

Ada pula DATA Act, regulasi yang mewajibkan bendahara negara dan instansi pemerintah lainnya mengungkap alokasi pengeluarannya kepada publik. Pada tahun 2018, informasi ini akan tersedia di laman USA Spending agar bisa diperiksa setiap warga AS.

Comments

comments

NO COMMENTS

Leave a Reply