Fitur Inilah 11 Anak Muda Indonesia yang Paling Berbakat di Bidang Teknologi Versi...

Inilah 11 Anak Muda Indonesia yang Paling Berbakat di Bidang Teknologi Versi Forbes

Setiap tahun, Forbes menyusun daftar “30 Under 30” Asia atau 30 anak muda berusia di bawah 30 tahun yang paling berbakat dari 24 negara di kawasan Asia Pasifik.

Daftar ini dibagi menjadi 10 kategori, yaitu: The Arts; Entertainment & Sports; Finance & Venture Capital; Industry, Manufacturing, & Energy; Media, Marketing, & Advertising; Retail & Ecommerce; Healthcare & Science; Social Entrepreneurs; Enterprise Technology; dan Consumer Technology.

Nama-nama terpilih pada setiap kategori diseleksi dan dipilih oleh dewan juri yang kredibel di bidangnya, antara lain Jean Liu (CEO, Didi Chuxing), Jenny Lee (Managing Partner, GGV Capital), Eva Chen (Co-Founder, Trend Micro), Royston Tay (General Founder of Messaging, Zendesk), Sonny Vu (President, Fossil Group and Connected Devices), Hiroshi Mikitani (CEO, Rakuten), dan Mark Britt (Co-Founder, iFlix).

Pada tahun 2017, sebanyak 11 anak muda asal Indonesia di bidang startup dan teknologi berhasil masuk ke dalam daftar bergengsi ini.

Mereka adalah:

1) Gibran Huzaifah (27 tahun), Pendiri dan CEO, eFishery

Gibran Huzaifah Amsi El Farizy (Pendiri dan CEO eFishery).

eFishery merupakan solusi berbasis IoT dan cloud yang membantu peternak ikan dalam memberi pakan ikan secara otomatis dan lebih cerdas. Berbekal sistem berbasis cloud, eFishery memastikan hewan ternak di 20.000 peternakan ikan dan udang di Indonesia tetap sehat dan minim limbah. Biayanya pun lebih hemat hingga 21%.

[BACA: Memberi Makan Ikan dengan Teknologi ala eFishery]

Sistem ini juga memanfaatkan sensor dari proses pemberian pakan, panen ikan, kualitas air, dan perilaku ikan untuk memberi analisis bagi peternak ikan. Gibran yakin penggunaan teknologi pada sektor agrikultur akan berperan penting dalam memecahkan masalah kekurangan suplai makanan.

2) Teguh Ariwibowo (27 tahun), Pendiri Pinjam.co.id

Teguh mendirikan layanan pegadaian online di situs Pinjam.co.id. Pengguna dapat menggadaikan barang berharga mereka, dari kendaraan sampai perhiasan, untuk ditukarkan dengan uang tunai senilai barang tersebut. Uang dikirimkan setelah barang diambil oleh kurir dari pengguna.

3) Marshall Pribadi (26 tahun), Pendiri dan CEO Privy

Privy melayani jasa pembuatan tanda tangan dan identitas digital yang diakui secara hukum di Indonesia. Pelanggan Privy antara lain Bank Mandiri dan BFI Finance dengan jumlah pengguna lebih dari 130.000 dan bertambah 2.100 setiap hari. Mereka adalah pemenang pertama kompetisi startup fintech Finspire yang digelar Bank Mandiri dan Echelon.

[BACA: Daftar Startup Fintech di Indonesia]

4) William Utomo (24 tahun) dan 5) Winston Utomo (26 tahun), Pendiri IDN Media

Didirikan pada tahun 2014, perusahaan berita dan hiburan IDN Media sekarang mencatat 13 juta pengunjung dan 60 juta pageview setiap bulan. IDN Media mengoperasikan situs berita IDN Times yang mirip Buzzfeed, rumah produksi video IDNtv, dan agen digital IDN Creative. Sekitar 70 persen pemasukan mereka disumbangkan dari pemasang iklan besar seperti Unilever, Samsung, P&G, dan Chevrolet.

6) Christina Suriadjaja (26 tahun), Pendiri Travelio

Mantan atlet profesional yang berpindah karier menjadi entrepreneur ini merupakan pendiri Travelio, situs penyewaan akomodasi harian dan bulanan mirip Airbnb, sejak tahun 2015. Situs ini menawarkan lebih dari 2.000 hunian sewaan di 25 kota di Indonesia dan akan menyasar turis-turis asal Tiongkok dalam waktu dekat.

7) Try Wibowo (27 tahun), Pendiri Insan Medika

Try mendirikan Insan Medika, layanan home care dan perawatan kesehatan pada tahun 2014 karena terinspirasi ibunya yang memiliki jasa kursus perawat. Insan Medika memiliki aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk mencari perawat atau tenaga home care dengan lokasi terdekat di sekelilingnya. Saat ini, mereka bekerjasama dengan 100 sekolah keperawatan untuk menyediakan sekitar 1.200 perawat.

8) Joshua Kevin (25 tahun), Pendiri dan CEO Talenta

Joshua Kevin (Founder & CEO, Talenta). [Foto: Abdul Aziz/InfoKomputer]

Joshua adalah pendiri Talenta, solusi cloud yang menawarkan platform pengelolaan sumber daya manusia untuk mempermudah proses penggajian dan pengembangan basis data karyawan. Latar belakang Kevin di bidang media, telekomunikasi, dan modal ventura membuatnya kaya pengalaman di usia muda. Pelanggan Talenta meliputi Go-Jek, Grab, Kudo, Mayapada Property, dan JAKPRO.

[BACA: Talenta: Mengelola Gaji Karyawan dengan Otomatisasi]

9) Iman Usman (26 tahun) dan 10) Adamas Belva (25 tahun), Pendiri Ruangguru

Kedua pendiri Ruangguru ini berhasil membangun marketplace terbesar di Indonesia untuk mempertemukan para pengajar privat dan siswa-siswa yang membutuhkan jasa mereka. Terdapat lebih dari 80.000 pengajar privat di Ruangguru dan 1,6 juta siswa. Ruangguru telah meraih investasi Seri A dari Venturra Capital pada tahun 2015 dan memperluas layanan mereka dengan simulasi SBMPTN online pada tahun yang sama.

[BACA: Cari Guru Les Privat Online di Ruangguru]

11) Tyovan Widagdo (27 tahun), Pendiri Bahaso

Bahaso adalah aplikasi belajar bahasa asing bagi orang Indonesia. Diluncurkan pada tahun 2016, Bahaso kini memiliki 100.000 pengguna. Latar belakang Tyovan membuat aplikasi ini karena keinginannya menggabungkan bidang teknologi, pendidikan, dan kewirausahaan dalam satu solusi menyeluruh.

Leave a Reply

Komentari artikel ini

Notifikasi tentang
avatar
wpDiscuz