Uji Produk Smartphone Samsung Galaxy S7 Edge: Lebih Tangguh dan Canggih

Samsung Galaxy S7 Edge: Lebih Tangguh dan Canggih

Kesuksesan Galaxy S6 Edge membuat Samsung kembali menghadirkan penerusnya melalui Galaxy S7 Edge. Hadir dengan beragam fitur yang lebih baru dan canggih, Galaxy S7 Edge ternyata masih menganut desain yang serupa dengan Galaxy S6 Edge. Seri Edge ini memang mengedepankan bentuk inovatif unik melalui desain layarnya yang melengkung pada sisi kiri dan kanan.

Desain lengkung ini dilengkapi dengan fitur Edge Screen. Fitur ini memudahkan pengguna mengakses berbagai informasi melalui sisi kanan layar. Lengkungan layar ini memang diakui membuat tampilannya sangat keren. Namun bagi yang belum terbiasa, justru bentuknya ini agak menyulitkan di saat tertentu. Contohnya, saat menjalankan beberapa aplikasi, terkadang jari sering tidak sengaja akan menekan layar akibat layar di sisinya mudah tersentuh jari secara tidak sengaja. Bentuknya yang tipis dan licin juga membuatnya mudah lepas dari genggaman jika kita tidak berhati-hati memegangnya.

Sebagai smartphone yang ditujukan untuk memenuhi segala kebutuhan, termasuk aktivitas multimedia, produk ini juga telah dilengkapi beragam sensor. Secara keseluruhan, terdapat enam belas jenis sensor. Layarnya sendiri sudah mendukung sampai sepuluh titik sentuh secara bersamaan.

Galaxy S7 Edge menghadirkan beberapa fitur yang sebelumnya tidak ada di Galaxy S6 Edge. Beberapa fitur ini di antaranya fitur fast charging, sertifikasi IP68, dukungan dual SIM, serta dukungan kartu micro-SD. Juga terdapat fitur always-on display yang menampilkan informasi seperti waktu, kondisi baterai, kalender, foto, dan lainnya, meskipun layar dalam kondisi tidur. Tentu saja Galaxy S7 Edge juga memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dari sisi SoC.

Galaxy S7 Edge menggunakan baterai dengan kapasitas yang lebih besar dibanding Galaxy S7 biasa. Hal ini dikarenakan layar lengkungnya menggunakan daya lebih besar dibanding Galaxy S7. Baterai yang tidak bisa dilepas ini sudah mendukung teknologi fast charging dan fast wireless charging.

Galaxy S7 Edge juga dibekali beragam fitur keamanan. Fitur fingerprint tidak hanya bisa digunakan untuk meng-unlock layar, tetapi juga untuk melakukan verifikasi saat melakukan transaksi menggunakan akun Samsung. Tidak ketinggalan hadir pula Knox yang merupakan platform keamanan yang banyak ditanamkan pada smartphone kelas menengah ke atas Samsung. Fitur ini akan mengenkripsi data agar e-mail atau data menjadi lebih aman.

Dari sisi kinerja, tidak disangsikan lagi bahwa Galaxy S7 Edge merupakan salah satu yang terbaik. Dipersenjatai dengan SoC Exynos 8890 octa core plus RAM dengan kapasitas empat gigabyte, ia mampu menghasilkan skor pengujian yang tinggi. Pengujian ini menunjukkan bahwa Galaxy S7 Edge sanggup menjalankan segala macam aplikasi dan multitasking secara lancar.

Dari sisi daya tahan baterai, Galaxy S7 Edge dengan kapasitas 3.600 mAh-nya mampu bertahan sampai 6 jam 57 menit. Hal ini terlihat saat pengujian yang disimulasikan oleh aplikasi PCMark for Android dalam menjalankan aktivitas secara umum. Pada pengujian ini, tingkat brightness kami atur ke posisi maksimal dan konesi Wi-Fi dalam keadaan aktif.

Layar Melengkung Sisi layar yang melengkung memang keren, namun akan sering tersentuh tangan secara tidak sengaja. (kredit: www.androidcentral.com)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Selot Hybrid
Galaxy S7 Edge sudah mendukung dual SIM serta kartu micro-SD. Dukungan micro-SD hadir dalam bentuk hybrid (selot SIM kedua digunakan bergantian dengan kartu micro-SD). (www.geektech.id)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Edge Screen
Fitur ini memanfaatkan sisi layar yang melengkung. Tujuannya, agar pengguna bisa secara lebih cepat mengaktifkan atau menampilkan berbagai informasi tambahan. (kredit: www.androidpit.com)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lapisan Pelindung
Bagian depan dan belakang perangkat ini telah menggunakan lapisan pelindung terbaru dari Corning yaitu Gorilla Glass 4. Lapisan ini tahan terhadap segala goresan. (www.geektech.id)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sertifikasi IP68
Dengan sertifikasi IP68, selain tahan debu, Galaxy S7 Edge juga bisa berada di dalam air sampai kedalaman 1,5 meter selama setengah jam.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Hasil uji

PengujianSamsung Galaxy S7 Edge
Antutu Benchmark 6115044
PCMark – Work Performance4875
3Dmark - Ice StormMaxed out!
3Dmark - Ice Storm ExtremeMaxed out!
3Dmark - Ice Storm Unlimited28388
GeekBench 3 - Single Core1858
GeekBench 3 - Multi Core5310

PLUS: Desain keren, bentuk layar inovatif, kinerja tinggi, kaya fitur, kamera mumpuni, baterai tahan lama.

MINUS: Sisi layar mudah tersentuh secara tidak sengaja, bodi licin.

SpesifikasiSamsung Galaxy S7 Edge
Chip prosesorExynos 8890 (quad core 2,3 GHz + quad core 1,6 GHz)
RAM4 GB LPDDR4
Chip grafisMali-T880 MP12
Selot SIMDual SIM (hybrid)
Kapasitas memori internal32 GB, dukung micro-SD sampai 256 GB
Dukungan koneksiWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi direct, Hotspot, Bluetooth 4.2, A2DP, LE, aptX, GPS, A-GPS, GLONASS, BDS, NFC, micro-USB 2.0, jack 3,5 mm, USB-OTG
KameraBelakang: 12 MP, f/1.7, 26 mm, autofocus, LED flash, video 2160p/Depan: 5MP, f/1.7, 22 mm, dual video call, auto HDR, video QHD
Layar5,5ʺ Super AMOLED 2.560 x 1.440 pixel @ 534 ppi
Kapasitas bateraiNon-removable Li-ion 3.600 mAh
Dimensi/bobot15,09 x 7,26 x 0,77 cm/157 gr
Jaringan selulerGSM/HSPA/LTE
Sistem operasiAndroid 6.0 Marshmallow (TouchWiz UI)
Situs webwww.samsung.com/id
Garansi1 tahun
HargaRp10.500.000

Comments

comments

NO COMMENTS

Leave a Reply