Uji Produk Periferal TP-Link Archer C5: Wireless Router AC1200 yang Cukup Lengkap

TP-Link Archer C5: Wireless Router AC1200 yang Cukup Lengkap

Baik di kelas atas, menengah, maupun entry-level, TP-Link menyediakan beragam varian perangkat wireless router yang sudah mendukung koneksi 802.11ac dengan harga yang cukup terjangkau. Salah satunya adalah TP-Link Archer C5. Wireless router ini diposisikan di kelas menengah dengan tawaran koneksi nirkabel 802.11ac serta kecepatan maksimal 1.200 Mbps.

Wireless router TP-Link Archer C5 ini memiliki desain yang mirip dengan varian di atasnya, yaitu Archer C7 yang juga pernah kami bahas sebelumnya. Tampilannya cukup sederhana dengan material plastik yang cukup berkualitas di sebagian besar badannya. Di bagian depannya terdapat deretan lampu-lampu indikator. Lalu wireless router ini memiliki dua buah antena eksternal yang berukuran cukup besar. Keduanya bisa dilepas dan diganti jika diperlukan.

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, TP-Link Archer C5 ini mendukung koneksi nirkabel pita ganda 2,4 GHz dan 5 GHz. Kecepatan maksimal yang didukung pada pita 2,4 GHz adalah sebesar 300 Mbps. Sementara pada pita 5 GHz, kecepatan maksimalnya mencapai 867 Mbps.

Selain itu, wireless router ini juga memiliki empat buah port LAN untuk melayani koneksi via kabel. Baik empat buah port LAN maupun satu port WAN yang ada di bagian belakangnya telah mendukung kecepatan gigabit.

Dan sebagai tambahan, perangkat ini juga menyediakan dua buah port USB. Keduanya bisa digunakan untuk menghubungkan media simpan eksternal maupun printer. Namun sayang, kedua port tersebut masih merupakan port USB 2.0.

Dengan kecepatan maksimal 1.200 Mbps, wireless router TP-Link Archer C5 ini tampaknya sudah cukup memadai untuk memenuhi kebutuhan transfer data berukuran besar seperti melakukan streaming konten berdefinisi tinggi secara nirkabel. Saat kami coba pun, wireless router ini mampu menghasilkan kinerja nirkabel yang terbilang baik. Pada pita 2,4 GHz, kami mampu mendapatkan kecepatan rata-rata sekitar 103 Mbps, sedangkan pada 5 GHz, kecepatan rata-ratanya adalah sekitar 408 Mbps. Kecepatan transfer data lewat port USB-nya tergolong lambat. Saat dicoba, wireless router ini hanya mampu mencatatkan kecepatan baca sebesar 12,5 Mbps dan kecepatan tulis sebesar 9,3 Mbps. Hal ini berlangsung saat kami melakukan transfer data ke sebuah media simpan USB.

Panel kontrolnya sendiri sudah menggunakan antarmuka baru yang juga digunakan oleh beberapa varian wireless router TP-Link lainnya. Pada panel kontrol ini terdapat beberapa opsi yang terbagi menjadi dua menu besar, Basic dan Advanced.

Tampilan panelnya terbagi menjadi beberapa bagian dengan tingkat pengaturan yang berbeda, Basic, dan Advanced.

 

TP-Link Archer C5 menyediakan dua buah port USB 2.0 di belakang.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Plus: Kinerja cukup baik, LAN gigabit, konfigurasi mudah, ada port USB, antena bisa dilepas

Minus: Hanya port USB 2.0.

SpesifikasiTP-Link Archer C5
Standar802.11b, 802.11g, 802.11n, 802.11ac
Konektor4 x LAN 1 Gbps, 1 x WAN 1 Gbps
Kecepatan300 Mbps (2,4 GHz 802.11b/g/n) + 867 Mbps (5 GHz 802.11ac)
FiturDHCP Server, MAC Address Filter, QoS, Website filter, USB sharing
KelengkapanPower adapter, Manual, Kabel LAN
Mode operasiWireless router
Situs webwww.tp-link.co.id
Kisaran hargaRp1.500.000

Comments

comments

NO COMMENTS

Leave a Reply