Uji Produk Smartphone Xiaomi Redmi Note 3: Performa Tangguh

Xiaomi Redmi Note 3: Performa Tangguh

Dari sekian banyak varian smartphone Xiaomi yang hadir di tanah air, hanya sedikit yang masuk ke Indonesia melalui jalur resmi. Salah satunya yang baru-baru ini hadir adalah Xiaomi Redmi Note 3. Seri ini merupakan versi berukuran besar dari Xiaomi Redmi 3 Prime yang juga hadir di Indonesia secara resmi. Menggunakan nama Note, Xiaomi Redmi Note 3 menggunakan layar besar yaitu 5,5 inci.

Redmi Note 3 menggunakan desain unibody dari bahan metal yang tersedia dalam tiga pilihan warna yaitu gold, silver, dan dark grey. Desain ini terlihat lebih kokoh dan mewah dibandingkan cover Xiaomi seri Redmi sebelumnya yang menggunakan material plastik. Dengan desain ini, Anda tidak bisa melepas baterainya.

Redmi Note 3 merupakan smartphone pertama Xiaomi yang mengusung sensor fingerprint. Sensor ini tidak hanya bisa digunakan untuk membuka layar terkunci saja, tetapi juga mengunci child mode, serta file explorer.

Menariknya, terdapat sensor infrared yang bisa dimanfaatkan sebagai remote control untuk perangkat elektronik seperti AC, TV, DVD player, serta lainnya. Untuk menggunakannya, telah tersedia aplikasi Mi Remote. Via aplikasi ini, Anda bisa melakukan pengaturan dan pemilihan perangkat eletronik yang akan digunakan. Saat dicoba, sensor ini bekerja sempurna pada perangkat TV dan AC penulis.

Xiaomi Redmi Note 3 menggunakan MIUI 7.3.6.0 berbasis Android 5.1.1 Lollipop. Saat kami uji, telah tersedia versi 8.0.1.0 (stable) berukuran 555 MB yang bisa langsung diunduh dari system update. MIUI ini menggunakan RAM sekitar 1 GB dari jumlah 2 GB yang dipasangkan. Kapasitas RAM ini dilihat setelah adanya factory reset sehingga bisa dibilang hanya UI-nya saja yang menggunakannya.

Xiaomi menggunakan Snapdragon 650 yang memiliki enam core dan GPU Adreno 510. Dengan kombinasi ini plus RAM dua gigabyte, kinerjanya terbukti tangguh. Hal ini terlihat dari berbagai skor aplikasi pengujian yang kami lakukan. Contohnya pada AnTuTu Benchmark yang mampu menembus angka 70 ribu. Begitu pula dengan skor lainnya yang diatas rata-rata smartphone sekelas. Berbagai game berat seperti Modern Combat 5: Blackout serta Mortal Kombat X pun mampu dijalankan dengan baik.

Xiaomi menggunakan baterai berkapasitas 4.010 mAh yang terbilang cukup besar. Hal ini sangat menunjang spesifikasinya, mengingat pemanfaatan layar berukuran besar memang menggunakan daya yang lebih besar. Berdasarkan hasil uji PCMark, baterainya mampu bertahan sampai 8 jam 10 menit.

Dari sisi kamera, Redmi Note 3 terbilang standar, namun tidak jelek. Pada aplikasi kamera, Anda akan menjumpai berbagai pengaturan otomatis, filter, panorama, skema, sampai opsi manual. Pada pengaturan manual, hanya tersedia pengaturan pada ISO dan White Balance. Hasil foto kamera utama terlihat baik dan tajam di luar ruangan maupun pada kondisi pencahayaan cukup. Dalam kondisi gelap, bantuan flash membuatnya mampu menghasilkan gambar dengan baik dalam radius kurang dari lima meter. Sementara kamera depan menyediakan pengaturan beautify dan timer saja.

Hybrid
Selot kartu SIM mendukung dua jenis kartu yang berbeda, yaitu micro-SIM sebagai kartu pertama dan nano-SIM untuk kartu kedua. Selot kedua juga digunakan bergantian dengan kartu micro-SD.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sensor Fingerprint
Sensor fingerprint mampu bekerja responsif dan cepat saat menganalisis sidik jari. Waktu yang diperlukan kurang dari satu detik.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mode Video
Fungsi video recording menyediakan dua pilihan mode, yaitu Time lapse dan Slow motion. Namun, mode ini tersedia pada kamera utama saja.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

User Interface
Xiaomi Redmi Note 3 menggunakan MIUI 7.3.6.0 dan saat kami uji telah tersedia versi 8.0.1.0 (stable) berukuran 555 MB. Versi terbaru ini bisa langsung diunduh dari menu system update.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Skor Tinggi
Skor yang ditunjukkan AnTuTu serta PCMark merupakan salah satu yang tertinggi dari pengujian yang pernah kami lakukan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Hasil uji

PengujianXiaomi Redmi Note 3
Antutu Benchmark 673065
PCMark – Work Performance5115
3Dmark - Ice Storm10493
3Dmark - Ice Storm Extreme9469
3Dmark - Ice Storm Unlimited15595
GeekBench 3 - Single Core1425
GeekBench 3 - Multi Core3341

PLUS: Desain lebih mewah dengan bodi metal, kinerja tinggi, fingerprint responsif, kinerja sensor gyroscope baik, ukuran baterai besar, ada infrared untuk menjalankan fungsi remote control.

MINUS: Jaringan 4G dikunci, bodi metal bikin panas cepat menyebar ke tangan.

SpesifikasiXiaomi Redmi Note 3
Chip prosesorQualcomm MSM8956 Snapdragon 650 (quad core Cortex-A53 1,4 GHz & dual core Cortex-A72 1,8 GHz)
RAM2 GB
Chip grafisAdreno 510
Selot SIMDual SIM (micro dan nano)
Kapasitas memori internal16 GB
Dukungan koneksiWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual band, Wi-Fi direct, Hotspot, Bluetooth 4.1, A2DP, LE, GPS, A-GPS, GLONASS, BDS, infrared, micro-USB 2.0, jack 3,5 mm, USB OTG
KameraBelakang: 16 MP, video 1080p/Depan: 5MP, video 1080p
Layar5,5ʺ 1.920 x 1.080 pixel @ 403 ppi
Kapasitas bateraiNon-removable Li-Po 4.050 mAh
Dimensi/bobot15 x 7,6 x 0,87 cm/164 gr
Jaringan selulerGSM/HSPA/LTE
Sistem operasiAndroid 5.1.1 Lollipop (MIUI 7.0)
Situs webwww.mi.com
Garansi1 tahun
HargaRp2.599.000

Comments

comments

NO COMMENTS

Leave a Reply