Berita Inilah 6 Fitur Canggih Android O, Lebih Aman dan Hemat Baterai

Inilah 6 Fitur Canggih Android O, Lebih Aman dan Hemat Baterai

Ilusrtrasi Android O

Akhirnya, Google akan meluncurkan sistem operasi terbaru Android O pada tahun ini. Meskipun, Google masih bungkam terkait nama dan tanggal peluncuran Android O tetapi Google cukup baik membeberkan fitur-fitur terbaru Android O.

“Pada dasarnya, kami ingin memberikan pengalaman terbaik lewat berbagai fitur baru dan keamanan dalam pemakaian sehari-hari,” kata Dave Burke (VP Engineering Android) seperti dikutip Mashable.

Google menggolongkan dua kategori utama pada Android O yaitu Fluid Experience dan Vital. Fluid Experience mampu memaksimalkan pengalaman ketika menggunakan Android dan Vital fokus pada peningkatan kinerja baterai dan keamanan data.

Berikut fitur-fitur terbaru Android O:

1. Fitur picture-in-picture berfungsi untuk memaksimalkan produktivitas dengan membuka dua aplikasi secara bersamaan. Pengguna bisa menjajal aplikasi A sembari menonton Netflix atau YouTube pada layar yang lebih kecil.

Untuk memanfaatkan fitur itu, pengguna harus menekan tombol Home ketika sedang menggunakan aplikasi seperti
YouTube, Google Maps, bahkan Google Duo.

2. Fitur smart text selection memudahkan mekanisme copy-paste kata dan kalimat. Google memaksimalkan kinerja machine learning untuk mengenali setiap kata dan frasa sehingga pengguna cukup mem-blok kalimat dan klik opsi yang diinginkan. Saat mem-blok nomor telepon, pengguna akan melihat opsi telepon, cut, copy, dan paste lalu
pilih sesuai yang diinginkan.

3. Notifikasi dots. Selain dua fitur baru, Google juga meningkatkan mekanisme notifikasi aplikasi melalui notification dots. Pengguna bisa melihat notifikasi pada aplikasi cukup dengan memilih ikon aplikasi tersebut. Pengguna cukup memencet lama ikon aplikasi, notifikasi yang belum terbaca pun akan muncul.

4. Baterai. Google ingin memastikan Android O lebih hemat baterai ketimbang suksesornya. Sebagai unsur vital, Google memastikan optimasi sistem operasi dan kinerja baterai saat menjalankan aplikasi secara simultan.

5. Fitur Google Autofill yang mempermudah pengguna ketika hendak log-in ke media sosial. Misalnya, Twitter. Google akan mengisi username dan password secara otomatis sehingga proses log-in tak memakan waktu lama.

6. Google Play Protect

Google Play Protect akan melindungi smartphone penggunanya dari aplikasi yang disisipkan malware atau kode berbahaya yang merugikan pengguna.

Dengan Google Play Protect, pengguna Android O tidak lagi membutuhkan antivirus tambahan pada smartphone-nya karena Google Play Protect akan memiliki standar keamanan tinggi demi menjaga kredibilitas sistem operasi Android.

Comments

comments