Berita Google Luncurkan Prototipe Headset VR Nirkabel, Gandeng Lenovo dan HTC

Google Luncurkan Prototipe Headset VR Nirkabel, Gandeng Lenovo dan HTC

Google Luncurkan headet VR terbaru dalam ajang Google I/O 2017

Google meluncurkan headset virtual reality (VR) terbaru yang menjalankan platform buatan Google yaitu Daydream dalam ajang I/O 2017. Lenovo dan HTC pun mendapatkan kepercayaan untuk membuat headset VR tersebut

Daydream dibangun berdasarkan basis sistem operasi Android 7.0 Nougat untuk menghadirkan pengalaman virtual reality premium. Headset VR terbaru Google itu bisa melacak posisi dan pergerakan pengguna tanpa menggunakan pelacak eksternal yang terpasang di sekitar ruangan.

Teknologi itu berdasarkan Project Tango yang menggunakan berbagai sensor termasuk kamera, IR, dan gyros untuk menunjukkan posisi perangkat di 3D dan ruangan dunia nyata.

Hebatnya, headset VR itu tidak membutuhkan dukungan smartphone atau komputer. Berbeda dengan HTC Vive dan Oculus Rift, headset Google VR itu tidak membutuhkan tambahan kamera smartphone karena Google langsung memasang semua sensor, optik berkualitas tinggi, dan display papan atas pada perangkat.

Sayangnya, Google tak mengungkap harga perangkat tersebut. HTC dan Lenovo akan meluncurkan headset VR dengan Daydream pada akhir tahun ini seperti dikutip The Verge.

Sebagai perbandingan, headset VR yang membutuhkan smartphone dibanderol sekitar US$ 79 (Google Daydream VR) dan perangkat yang menjalankannya melalui PC US$ 500 (Oculus Rift).

Google I/O merupakan hajatan akbar yang diselenggarakan Google tiap tahun. Ajang itu berlangsung di Shoreline Amphitheatre, Mountain View, California, Amerika Serikat.

Comments

comments