Berita Mengenal Google Lens, Teknologi Masa Depan Kamera Smartphone

Mengenal Google Lens, Teknologi Masa Depan Kamera Smartphone

Ilustrasi Google Lens

Google memperkenalkan teknologi Google Lens yang memadukan fungsi kamera smartphone dengan kecerdasan buatan (AI). Google ingin membuat kamera tidak hanya menangkap gambar saja tetapi juga sebagai ‘penerjemah’ keadaan sekitar pemilik smartphone.

Dengan Lens, Google Assistant dapat mengindentifikasi obyek di sekitar pengguna dan melakukan tindakan berbasis berbagai aplikasi Google.

Sundar Pichai (CEO Google) mengatakan Google Lens menciptakan algoritma yang memungkinkan kamera perangkat Android membidik apa yang dilihat dan menangkap setiap momen.

“Lens akan membawa kamera smartphone ke level yang jauh lebih tinggi. Lens membuat kamera tidak hanya melihat sesuatu tetapi juga memahami objek di dalam bingkai,” katanya dalam presentasinya dalam ajang konferensi I/O.

Scott Huffman (Vice President Engineering for Assistant) mengatakan ia telah menggunakan Lens untuk menerjemahkan tanda jalan berbahasa Jepang dan mengindentifikasi makanan yang ia tidak kenali.

“Lens dapat menjadi fasilitator untuk percakapan antara pengguna dan Assistant, dengan memanfaatkan konteks visual serta teknologi machine learning,” ujarnya seperti dilansir The Next Web.

Cara kerjanya pun sederhana, Lens bisa bekerja hanya dengan mengarahkan kamera ponsel ke stiker yang tertera di router WiFi dan secara otomatis smartphone akan tersambung ke Internet.

Google Lens juga dapat memberikan informasi tentang sesuatu. Anda hanya mengarahkan kamera ke muka sebuah tempat makan, Lens pun langsung memberikan informasi terkait seperti nama, rating, dan lainnya bisa segera diketahui.

Google Lens pun bisa menerjemahkan tulisan asing sehingga membuat agenda di kalender cukup menggunakan lensa kamera tidak perlu repot mengetik jadwal di kalender.

Salah satu fitur menarik dari Google Lens adalah fitur Calendar Booking yang sangat membantu penggunanya. Jadi, saat pengguna melihat papan iklan konser di jalan (lengkap beserta waktu konsernya), pengguna bisa langsung booking tiket konser hanya dengan memotret papan iklan konser tersebut.

Google I/O 2017 dikunjungi lebih dari 7.000 developer dan 400 media dari berbagai belahan dunia.

Comments

comments