Berita Sempat “Drop Out”, Mark Zuckerberg Akhirnya Dapat Gelar Sarjana dari Harvard

Sempat “Drop Out”, Mark Zuckerberg Akhirnya Dapat Gelar Sarjana dari Harvard

Mark Zuckerberg ketika masih kuliah di Harvard. [Kredit: The Crimson]

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa Mark Zuckerberg (Pendiri dan CEO, Facebook) tidak sempat menyelesaikan kuliahnya di Universitas Harvard, Amerika Serikat.

Memulai studi di Harvard pada tahun 2002, Zuckerberg kemudian memilih untuk drop out pada tahun 2004 demi fokus mengembangkan Facebook yang ia bangun bersama beberapa teman kuliahnya. Kisah ini pun sempat dituangkan dalam film layar lebar “The Social Network”, tujuh tahun silam.

Kini, lebih dari 12 tahun sesudah mengundurkan diri dari kampusnya, Zuckerberg akhirnya akan memperoleh gelar dari Harvard. Hal ini ia sampaikan lewat laman Facebook pribadinya, Kamis (18/5).

Menariknya, di dalam post itu, Zuckerberg juga mengunggah sebuah video nostalgia yang merekam reaksinya saat pertama kali mengetahui ia diterima di Harvard. Video itu direkam oleh sang ayah, Edward Zuckerberg, dan baru pertama kali dipublikasikan kepada khalayak.

“Ayah merekam video ini saat saya diterima di Harvard. Minggu depan, saya akan kembali [ke Harvard] untuk upacara kelulusan dan menerima gelar saya,” tulisnya.

Gelar yang diterima Zuckerberg adalah gelar kehormatan yang umum diberikan kepada orang-orang yang dianggap berprestasi. Zuckerberg juga didapuk sebagai pembicara utama pada upacara kelulusan yang bakal dilangsungkan pada tanggal 25 Mei mendatang.

Dan Sachs, salah satu karyawan Facebook, ikut berkomentar di post itu dan berkata, “Sunggu cara yang memutar untuk menghindari sulitnya kurikulum Harvard!”

Zuckerberg kemudian membalasnya, “Ini bukan niat saya! Walaupun sebelum saya masuk kuliah, ibu saya pernah bertaruh bahwa saya akan drop out dan adik perempuan saya yakin ia akan dapat gelar sarjana lebih dulu daripada saya. Tapi, saya bertaruh saya akan memperoleh gelar [di Harvard]. Sekarang, siklus itu sudah sempurna.”

Sebelumnya, sepuluh tahun lalu Harvard juga pernah menganugerahkan gelar kehormatan kepada Bill Gates, pendiri Microsoft yang sama-sama tidak lulus kuliah dari kampus tersebut.

Comments

comments