Profil IT Executive Bersama Datascrip, Joe Kamdani Jadi Saksi Hidup 30 Tahun Kemajuan Teknologi

Bersama Datascrip, Joe Kamdani Jadi Saksi Hidup 30 Tahun Kemajuan Teknologi

Joe Kamdani (Chairman, PT Datascrip). [Foto: Steven Irwandi/InfoKomputer]

Memulai usahanya dari sebuah toko alat tulis dan perlengkapan kantor pada tahun 1969, Joe Kamdani (Chairman, PT Datascrip) telah merasakan perkembangan teknologi yang mengubah peta bisnis serta perilaku konsumennya.

Ia menceritakan, kalau zaman dulu perangkat kerja kantor masih menggunakan peralatan-peralatan yang dioperasikan secara mekanik dan manual, kini seluruh perangkat tersebut telah tergantikan oleh perangkat-perangkat digital yang memiliki kemampuan yang lebih baik.

Joe kemudian mengenang masa-masa akhir tahun 1980-an ketika Datascrip harus berjuang menghadapi perubahan dari sisi teknologi. Makin populernya penggunaan komputer di lingkungan perusahaan membuat Joe dan korporasi yang ia dirikan harus cepat-cepat menyesuaikan diri dalam mengikuti kemauan serta kebutuhan konsumennya.

Akibat dari perubahaan teknologi tersebut, Joe mengakui bahwa cukup banyak rekanan bisnisnya yang akhirnya harus tumbang akibat tidak mampu bersaing dan menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi. Namun sebaliknya, ada juga sejumlah produsen yang akhirnya tetap bertahan sampai sekarang dengan mengikuti perkembangan teknologi tersebut.

Kemajuan teknologi di Indonesia dalam 30 tahun terakhir memang membuat sejumlah produsen pada akhirnya harus berhenti beroperasi karena tak mampu bertahan dengan mengandalkan teknologi lama. Perubahan juga membuat hilangnya sejumlah pekerjaan yang berhubungan dengan teknologi lawas, seperti operator atau teknisi.

Tetapi di sisi lain, kemajuan teknologi juga menciptakan banyak peluang bisnis baru yang sekaligus juga menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi generasi muda.

Joe mengatakan, “Dulu orang pikir dengan datangnya komputer, banyak orang akan nganggur karena digantiin kan? Ternyata muncul bisnis-bisnis baru. Software development lah, bikin software, bikin ini, makin banyak. Makin pintar orangnya.”

Terakhir, ia pun melihat hadirnya kemajuan teknologi bisa membantu orang lebih mudah dalam bekerja.

Artikel ini merupakan bagian dari Cover Story spesial wawancara 30 tokoh TI nasional dalam rangka ulang tahun ke-30 InfoKomputer. Temukan artikel lengkapnya di sini dan di sini.

Comments

comments