Profil IT Leader Kilas Balik 30 Tahun Peran TI di BUMN Menurut Kuncoro Wibowo

Kilas Balik 30 Tahun Peran TI di BUMN Menurut Kuncoro Wibowo

M. Kuncoro Wibowo (Direktur Komersial & Teknologi Informasi, PT Kereta Api Indonesia/KAI). [Foto: Abdul Aziz/InfoKomputer]

Dibandingkan dengan beberapa tahun lalu, perubahan peran IT leader di kalangan badan usaha milik negara (BUMN) saat ini memiliki strong point.

“Karena perusahaan BUMN saat ini sedang go digital dengan konsep yang simpel dan efisien. Terutama untuk perusahaan jasa, IT sangat diperlukan. Dan BUMN sudah menyadari bahwa tanpa IT, nggak bisa maju,” jelas M. Kuncoro Wibowo (Direktur Komersial & Teknologi Informasi, PT Kereta Api Indonesia/KAI).

Kuncoro sendiri baru menduduki posisi Direktur TI PT KAI (yang ketika itu digabung dengan tugas menangani SDM dan Bagian Umum) setelah tiga tahun menjalankan tugas sebagai Executive Vice President, Information System PT KAI. “Tiga tahun setelah IT PT KAI diterapkan dan sukses memberikan nilai tambah bagi perusahaan,” ungkap sarjana telekomunikasi lulusan ITS Surabaya itu.

[BACA: Kuncoro Wibowo: Habis-habisan Garap Electronic Ticketing PT KAI]

Peran teknologi informasi dalam memoles wajah PT KAI hingga dapat menyuguhkan layanan yang modern dan aktivitas operasional yang efisien memang sangat signifikan. Dimulai dari sistem pemesanan tiket online (Rail Ticketing System), sebanyak 88 persen sistem yang menulang-punggungi bisnis PT KAI kini sudah berbasis TI.  

Tak mengherankan jika lantas perusahaan memberikan pengakuan atas upaya-upaya yang dilakukan divisi TI itu, antara lain dengan menyejajarkan pemimpin TI dengan C-level lainnya. “Bahwa ternyata TI memiliki andil yang besar dalam bisnis perusahaan, dan hal tersebut memberi makna yang besar pula pada tim TI KAI,” papar Kuncoro seraya menambahkan bahwa leveling jabatan di divisi TI pun mengalami peningkatan.

Bahwa jabatan Direktur TI PT KAI masih disatukan dengan Direktur SDM dan Bagian Umum justru memberi keleluasaan bagi Kuncoro, terutama dalam mendorong proses change management yang terjadi akibat impementasi sistem TI.

Kini Kuncoro Wibowo pun tidak hanya menggawangi divisi TI. Selepas dari tugas SDM dan Umum, ia memperoleh amanat mengomandani divisi Komersial. “Di sini (Komersial), banyak yang bisa saya lakukan, yang tadinya tidak terjangkau jadi bisa saya jangkau,” cerita profesional yang telah berkarier selama tujuh belas tahun di bidang TI itu.

Kalau dulu ia dan tim TI KAI banyak berkutat mengurusi sistem untuk melayani penumpang, kini ia memiliki keleluasaan mengaplikasikan teknologi informasi di layanan komersial PT KAI.

“Komersial itu tugasnya jualan atau marketing. Dan kami akan menjual produk-produk PT KAI dengan banyak pendekatan TI,” ujar Kuncoro Wibowo. Salah satu contohnya adalah menyediakan aplikasi yang memudahkan konsumen melakukan tracking terhadap pengiriman barang melalui PT KAI.

Artikel ini merupakan bagian dari Cover Story spesial wawancara 30 tokoh TI nasional dalam rangka ulang tahun ke-30 InfoKomputer. Temukan artikel lengkapnya di sini dan di sini.

Comments

comments