Uji Produk Asus RT-AC58U: Kelas Menengah yang Dukung MU-MIMO

Asus RT-AC58U: Kelas Menengah yang Dukung MU-MIMO

Di kelas entry-level dan menengah, sebuah perangkat wireless router AC1200 bisa menjadi sebuah pilihan yang menarik. Hal ini berlaku jika Anda ingin beralih ke jaringan 802.11ac yang jauh lebih gegas jika dibandingkan 802.11n.

Di segmen ini, Asus menghadirkan beberapa varian wireless router. Salah satunya adalah RT-AC58U yang kami uji kali ini. Wireless router ini hadir dengan desain yang cukup ringkas. Untuk meghadirkan daya pancar yang optimal, wireless router ini dilengkapi dengan empat buah antena eksternal yang sayangnya tidak bisa dilepas. Untungnya, empat buah antena ini memiliki daya pancar yang baik dan mampu mencakup area yang cukup luas.

Seperti yang kami sebutkan di awal, Asus RT-AC58U mendukung koneksi nirkabel 802.11ac dengan kecepatan total mencapai 1.300 Mbps, terbagi menjadi 400 Mbps untuk pita 2,4 GHz, dan 867 Mbps untuk pita 5 GHz. Dukungan kecepatan pada pita 2,4 GHz sedikit lebih tinggi. Pasalnya, wireless router ini mendukung teknologi TurboQAM. Menariknya, wireless router ini ternyata juga sudah mendukung teknologi MU-MIMO untuk membuat pembagian koneksi menjadi lebih merata saat harus meladeni banyak perangkat sekaligus.

Untuk koneksi dengan kabel, wireless router ini memiliki empat buah port LAN yang seluruhnya mendukung kecepatan gigabit. Dan sebagai tambahan, terdapat sebuah port USB 3.0 yang ada di bagian depan. Port USB ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai perangkat, mulai dari media simpan, printer, hingga modem yang bisa digunakan sebagai koneksi cadangan apabila koneksi utama bermasalah.

Panel kontrol web milik Asus RT-AC58U ini memiliki tampilan yang serupa dengan banyak wireless router lain yang dirilis oleh Asus. Wireless router ini juga memiliki dua fungsi operasi, sebagai wireless router maupun sebagai access point. Sayangnya, fungsi wireless repeater tidak tersedia.

Asus RT-AC58U ini memiliki kinerja yang baik di kelasnya. Saat dilakukan pengujian dengan klien tunggal, wireless router ini mampu mencatatkan kecepatan rata-rata sebesar 101,73 Mbps pada pita 2,4 GHz, dan 505,43 Mbps pada pita 5 GHz. Hadirnya fitur MU-MIMO juga bisa menjaga kecepatannya tetap baik saat terhubung dengan banyak perangkat sekaligus. Kecepatan transfer USB 3.0-nya menurut kami terbilang lambat dengan kecepatan baca rata-rata sekitar 36,94 MB per detik, dan kecepatan tulis 25,02 MB per detik. Kecepatannya juga kurang memadai untuk melakukan transfer data berukuran besar karena akan terlihat lama.

Diposisikan di kelas menengah, wireless router ini menawarkan teknologi MU-MIMO yang biasanya hadir di perangkat kelas atas.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kinerja nirkabelnya terbilang bagus, namun kinerja USB-nya terasa lamban.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Plus: Kinerja baik, LAN gigabit, konfigurasi mudah, mendukung MU-MIMO

Minus: Antena tak bisa dilepas, kinerja USB lambat

SpesifikasiAsus RT-AC58U
Standar802.11b, 802.11g, 802.11n, 802.11ac
Konektor4 x LAN 1 Gbps, 1 x WAN 1 Gbps
Kecepatan400 Mbps (2,4 GHz 802.11b/g/n) + 867 Mbps (5 GHz 802.11ac)
FiturDHCP Server, MAC Address Filter, QoS, Website filter, USB Share
KelengkapanPower adapter, Manual, Kabel LAN
Mode operasiWireless router
Situs webwww.asus.com
Kisaran hargaRp1.500.000

Comments

comments