Lenovo Vibe K5 Plus: Multimedia dan VR

Lenovo menawarkan solusi terjangkau bagi yang ingin merasakan sensasi tampilan virtual reality. Mirip dengan Lenovo Vibe K4 Note, Lenovo Vibe K5 Plus juga memiliki fitur Theater Max. Fitur ini akan mengubah konten biasa menjadi konten VR. Ini membuat pengguna bisa seolah menyaksikan sinema layar lebar atau mode VR (virtual reality) dengan bantuan headset VR dari Lenovo, yaitu AntVR.

Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna mesti masuk ke menu utama dengan menekan tombol power selama beberapa detik. Nanti pada menu tersebut, pengguna cukup memilih VR split screen mode. Selanjutnya, tampilan akan berubah menjadi dua bagian dan pengguna tinggal memasang headset VR untuk menyaksikan konten dengan cara yang berbeda.

Adapun maksud penggunaan kata “Plus” pada seri ini adalah untuk menyoroti hadirnya layar dengan resolusi full HD serta penggunaan prosesor dengan spesifikasi lebih tinggi dibanding seri K5. Layarnya sendiri memiliki ukuran 5 inci, berbeda dengan Vibe K4 Note yang memiliki layar lebih besar yaitu 5,5 inci. Sayangnya, karena layar yang lebih kecil ini, kenikmatan menyaksikan konten VR akan berkurang. Tampilan ala sinema layar lebar juga terasa menjadi tidak semantap layar yang berukuran lebih besar.

Smartphone ini sudah dilengkapi dengan gyroscope yang secara teori membuatnya mampu menjalankan konten berbasis VR atau video 360. Sayangnya saat InfoKomputer coba menjalankan konten bersangkutan menggunakan headset VR, tampilannya masih terlihat berbayang yang membuat mata pengguna cepat lelah dan mengakibatkan pusing.

Seri Vibe K5 Plus ternyata memiliki spesifikasi yang lebih rendah dibandingkan Vibe K4 Note. Hanya saja, Vibe K5 Plus menyematkan RAM sebesar tiga gigabyte. Ini membuatnya bisa menjalankan berbagai aplikasi secara multitasking dengan lancar.

Dengan spesifikasi yang dimilikinya, kinerja produk ini terbilang tidak terlalu istimewa. Namun, produk ini masih mampu menjalankan berbagai aplikasi secara lancar. Ini sesuai dengan SoC yang digunakannya. Sayangnya, saat mengaktifkan mode VR, baterai tampak lebih cepat panas dan juga membuat Lenovo Vibe K5 Plus membutuhkan daya yang lebih besar. Kapasitas baterai 2.750 mAh-nya memang tampak kurang besar. Hal ini khususnya berlaku jika pengguna sering menggunakan smartphone ini untuk menjalankan aneka aktivitas multimedia. Saat kami uji menggunakan PCMark, baterainya sanggup bertahan sampai 5 jam 50 menit.

Fitur Multimedia
Mengedepankan fitur multimedia, Vibe K5 Plus dilengkapi speaker stereo serta tata suara Dolby Atmos. Tujuannya, membantu meningkatkan kualitas suaranya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Spilt Screen
Untuk mengaktifkan mode VR, pengguna bisa masuk ke menu utama dengan menekan tombol power selama beberapa detik.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Hasil Uji

PengujianLenovo Vibe K5 Plus
Antutu Benchmark 6.2.030018
PCMark – Work Performance3198
3Dmark - Ice Storm 8989
3Dmark - Ice Storm Extreme5596
3Dmark - Ice Storm Unlimited7550
GeekBench 3 - Single Core 541
GeekBench 3 - Multi Core2291

PLUS: Desain ergonomis, layar full HD, fitur Theater Max, audio dengan dual speaker, ada Dolby Atmos, kapasitas RAM lega.

MINUS: Fitur gyroscope bekerja kurang maksimal, kamera kurang mumpuni pada kondisi indoor atau bercahaya minim, daya tahan baterai kurang lama.

Spesifikasi Lenovo Vibe K5 Plus
Chip prosesor Qualcomm MSM8939 Snapdragon 616 (quad core Cortex-A53 1,5 GHz & quad core Cortex-A53 1,2 GHz)
RAM 3 GB
Chip grafis Adreno 405
Selot SIM Dual SIM (micro)
Kapasitas memori internal 16 GB
Dukungan koneksi Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot, Bluetooth 4.1, A2DP, LE, GPS, A-GPS, jack audio 3,5 mm, micro-USB, USB-OTG
Kamera Belakang: 16 MP, video 1080p. Depan: 5 MP, video 720p
Layar 5ʺ full HD 1.920 x 1.080 pixel @ 441 ppi
Kapasitas baterai Non-removable Lithium ion 2.750 mAh
Dimensi/bobot 14,2 x 7,1 x 0,8 cm/142 gr
Jaringan seluler GSM/HSPA/LTE
Sistem operasi Android 5.1.1 Lollipop (VibeUI)
Situs web www.lenovo.com
Garansi 1 tahun
HargaRp2.499.000

Comments

comments