Berita Ini Dia 5 Bukti Perempuan Indonesia Tidak “Gaptek”

Ini Dia 5 Bukti Perempuan Indonesia Tidak “Gaptek”

Negara Bagian New Jersey AS melarang warganya gunakan ponsel pintar di jalanan

Perkembangan dunia digital di Indonesia membuka jalan untuk “emansipasi digital”, terbukti pengguna mobile bowser perempuan tidak jauh berbeda dengan angka pengguna mobile browser pria.

Baru-baru ini, Opera Software melaporkan hasil survei Mobile Browser Satisfactory Index yang mempelajari perilaku browsing pengguna smartphone di Indonesia dan bagaimana mereka menggunakan Internet di perangkatnya.

Survei itu dilakukan di Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Medan dan Makassar serta melibatkan lebih dari 420 responden dengan rentang usia dari 18 hingga 25 tahun.

Dalam siaran persnya, Senin, Opera mengungkapkan lima perilaku browsing smartphone yang membuktikan bahwa perempuan Indonesia tidak gagap teknologi alias “gaptek”.

1. Sering akses mobile browser

Opera menunjukkan hampir 60 persen responden perempuan mengakses mobile browser lebih dari 8 kali sehari untuk melakukan berbagai macam aktivitas online. Tingginya frekuensi penggunaan mobile browser itu setara dengan hasil responden pria.

2. Lebih tertarik belanja online

Opera juga menunjukkan bahwa pria dan perempuan menggunakan browser untuk melakukan berbagai aktivitas seperti mencari informasi, membaca berita, dan mengakses sosial media. Namun, responden perempuan memiliki tingkat persentase yang lebih tinggi (37 persen) dibandingkan dengan pria (34 persen) dalam hal belanja online.

3. Tidak menyukai default browser

Pengguna mobile browser pria dan perempuan tidak menyukai default browser pada ponselnya dan lebih memilih untuk menggunakan browser pihak ketiga. Hasil survei Opera menunjukkan bahwa hanya 1 dari 10 pengguna smartphone yang menggunakan default browser-nya.

4. Beli paket data dengan kuota besar

Opera menunjukkan bahwa lebih dari 50 persen responden perempuan mereka membeli paket data 5 GB atau lebih setiap bulan. Bahkan, ada 23 persen responden perempuan yang membeli paket data dengan kuota 10 GB atau lebih.

5. Fitur browser

Opera mengungkapkan pria dan perempuan sama-sama ingin menghemat data saat browsing. Jadi, browser dengan teknologi kompresi gambar dan video yang bagus akan semakin dicari di pasar.

Para pengguna internet di Indonesia pun tidak suka diganggu dengan iklan yang menutupi layar smartphone mereka. Karena itu, fitur ad-block sangat populer baik untuk pria maupun wanita. Beberapa fitur lain yang juga digandrungi reponden wanita termasuk akses langsung ke situs e-commerce, penggunaan mode offline, dan kehadiran newsfeed.

Comments

comments