Berita Alasan Bos Alibaba Kucurkan Rp20 Triliun ke Grab

Alasan Bos Alibaba Kucurkan Rp20 Triliun ke Grab

Jack Ma, CEO Ali Baba

Jack Ma (Bos dan Pendiri Alibaba) dikabarkan bergabung dengan investor asal Jepang, SoftBank, dalam mengucurkan dana investasi senilai 1,5 miliar dollar AS atau Rp20 triliun kepada layanan ride-sharing Grab.

Namun, seorang sumber internal tidak menjabarkan apakah investasi Ma itu mewakili layanan e-commerce Alibaba Group atau layanan finansial digital Ant Financial, seperti dikutip Bloomberg.

Ma memilih Grab karena layanan itu sudah mencakup Asia Tenggara dan akan menguntungkan pihak Alibaba karena dapat mengintegrasikan layanan Alipay ke dalam sistem GrabPay.

Namun, langkah Ma itu akan semakin memperuncing persaingan antara Alibaba dengan raksasa internet asal Tiongkok, Tencent. Saat ini Alibaba dan Tencent sedang berlomba-lomba menarik minat masyarakat di Tiongkok maupun internasional untuk menggunakan layanan dompet digital masing-masing.

Tencent sudah terlebih dahulu menanamkan investasinya pada Go-Jek yang merupakan saingan berat Grab di Indonesia.

Tencent mengincar kolaborasi Go-jek dalam hal dompet digital melalui fitur Go-Pay. Menurut isu yang berseliweran, nilai investasi Tencent ke Go-Jek mencapai Rp16 triliun.

Selain Ma, layanan ride-sharing asal Tiongkok, Didi Chuxing, juga telah menanamkan investasinya ke Grab dalam pendanaan seri baru.

Comments

comments