Berita Amazon Beli Toko Makanan Organik Whole Foods Rp182,19 Triliun

Amazon Beli Toko Makanan Organik Whole Foods Rp182,19 Triliun

Ilustrasi Toko Whole Foods

Amazon membeli gerai makanan organik Whole Foods senilai US$ 13,7 miliar atau sekitar Rp182,19 triliun secara tunai sekaligus membuktikan kekuatan keuangan perusahaan yang dipimpin oleh Jeff Bezos tersebut.

Aksi korporasi itu juga membuktikan bahwa Amazon sangat tertarik dengan bisnis makanan pada toko ritel. “Jutaan orang menyukai Whole Foods Market karena menawarkan makanan alami dan organik terbaik. Sangat cocok untuk makanan sehat,” kata Bezos seperti dikutip BBC.

Amazon pun memastikan tidak akan mengganti nama toko Whole Foods dan John Mackey (CEO Whole Foods) saat ini akan tetap memimpin Whole Foods di kantor pusatnya di Austin, Texas, Amerika Serikat (AS).

Saat ini Amazon memiliki layanan pengiriman sendiri yaitu AmazonFresh dan sedang bereksperimen dengan model click and collect yang memungkinkan pelanggan untuk membeli bahan makanan secara online.

Penjualan ritel supermarket di AS mengalami penurunan karena tidak berdaya bersaing dengan Amazon. Sejumlah saham ritel supermarket seperti saham Kroger turun 13 persen, Walmart turun 5 persen, Saham Target, Costco, SuperValue, Sprout juga turun. Namun, saham Amazon naik 3 persen.

Whole Foods yang berdiri pada 1978 merupakan pionir dan memperkenalkan makanan organik kepada warga AS. Perusahaan itu memiliki sekitar 87 ribu karyawan dan lebih dari 460 toko yang sebagian besar di Amerika Serikat. Namun, Whole Foods juga berkembang di Kanada dan Inggris Raya.

Whole Foods pun melancarkan strategi pemasaran yang agresif ke kota-kota besar dan menyasar pembeli dari generasi milenial. Kendalanya, harga makanan di Whole Foods termasuk mahal dan menyebabkan penjualannya melambat.

Sangat menarik melihat Amazon yang memiliki reputasi harga rendah dapat mengubah Whole Foods menjadi semakin terjangkau.

Comments

comments