Berita Aplikasi “Ayo Mudik” Jadi Pusat Informasi Mudik Lebaran 2017 dari Pemerintah

Aplikasi “Ayo Mudik” Jadi Pusat Informasi Mudik Lebaran 2017 dari Pemerintah

Aplikasi Ayo Mudik.

Menjelang hari raya Lebaran tahun 2017, masyarakat Indonesia akan disibukkan dengan aktivitas rutin, yaitu mudik ke kampung halaman.

Untuk membantu para pemudik tahun ini, terutama yang menggunakan moda transportasi darat seperti bus, mobil, dan motor, Pemerintah melalui Menteri Komunikasi dan Informatika, Menteri Perhubungan, dan kepala lembaga lainnya meluncurkan aplikasi “Ayo Mudik” yang tersedia di platform Android.

Aplikasi “Ayo Mudik” memberi ketersediaan informasi mengenai jalur mudik, fasilitas yang ada di sepanjang jalur mudik, serta informasi titik kemacetan yang berpotensi memperpanjang durasi perjalanan mudik.

Lewat aplikasi ini, pemudik bisa mengetahui informasi lokasi posko mudik, pos polisi, posko kesehatan, SPBU, bengkel, masjid, ATM, info bencana, serta info lalu lintas terkini.

Konten dan informasi di dalam aplikasi “Ayo Mudik” didukung oleh berbagai kementerian dan lembaga terkait, yaitu Kementerian Perhubungan, Kementerian Kominfo, Kementerian Kesehatan, Kementerian ESDM, BMKG, Pertamina, Jasa Marga, Kepolisian RI, perusahaan telekomunikasi, serta perusahaan penyedia jasa dan produk internet.

Lahirnya aplikasi mudik resmi dari Pemerintah ini dilatarbelakangi kondisi tahun-tahun sebelumnya, akses informasi mutakhir dan lengkap untuk para pemudik masih sulit untuk diperoleh karena tidak terintegrasi dengan baik.

“Kita ingin ada aplikasi daya dukung mudik yang terpadu dengan nama Ayo Mudik. Pengembangannya dilakukan oleh tim pengembang Indonesia yang bertalenta, Kudo, dalam waktu kurang dari satu bulan,” kata Menkominfo Rudiantara dalam siaran pers, Kamis (13/6).

“Kami sangat senang bisa membantu Kementerian Komunikasi dan Informatika RI dalam menciptakan aplikasi terpadu ini. Besar harapan kami, aplikasi ini dapat membantu masyarakat Indonesia pada kesempatan mudik tahun ini,” imbuh Albert Lucius (CEO dan Co-Founder, Kudo).

Aplikasi “Ayo Mudik” sudah tersedia di Google Play Store dan siap diunduh oleh para pemudik agar perjalanan mudik lebih menjadi aman dan nyaman.

Comments

comments