Berita Google Akan Buang Aplikasi “Curang” dari Play Store

Google Akan Buang Aplikasi “Curang” dari Play Store

ilustrasi google play store

Google akan memperketat kebijakan penentuan nilai rating dan review aplikasi di Play Store sehingga nilai rating itu benar-benar kredibel, tanpa bias dan kecurangan.

Google menemukan para pengembang aplikasi melakukan kecurangan dengan cara “menyuap” netizen. Misal, para developer aplikasi itu memberikan fitur tambahan cuma-cuma lewat mekanisme giveaway atau membayar netizen untuk memberikan review positif alias endorsement.

Karena itu, Google akan menghukum para developer yang menggunakan rating dan review berbayar seperti dikutip Digital Trends.

Jika ketahuan, Google akan membuang aplikasi populer yang curang itu dari jejeran top list Play Store. Bahkan, Google mengancam akan menghapus aplikasi yang curang itu dari Google Play Store.

Google belum mengungkapkan cara mengidentifikasi rating dan review berbayar. Jika kebijakan itu berjalan sesuai rencana, semestinya pengguna tidak lagi tertipu dengan “false review” di Google Play Store.

Ada banyak “false review” di Google Play Store. Misal, ada satu aplikasi yang dibanjiri komentar positif dan diberi rating tinggi, tapi ketika dijajal sangat mengecewakan.

Sebelumnya, Google juga telah meluncurkan kebijakan untuk memberantas spam dan penginstalan oleh bot.

Comments

comments