Berita Pendiri Wikipedia: Facebook Harus Punya Fitur Ini untuk Berantas Berita Hoax

Pendiri Wikipedia: Facebook Harus Punya Fitur Ini untuk Berantas Berita Hoax

Jimmy Wales (Pendiri Wikileaks)

Selama ini Facebook dan Google menuai banyak hujatan karena karena banyak beredar berita hoax alias palsu yang beredar di layanannya.

Google pun telah memperkenalkan langkah-langkah memberantas berita hoax seperti fitur “pemeriksaan fakta” dan Facebook merilis sebuah pos tentang bagaimana menemukan artikel palsu.

Sayangnya, kehadiran fitur-fitur itu tidak dapat memberantas berita hoax dengan cepat.

Jimmy Wales (Pendiri Wikipedia) mengkritik media sosial Facebook yang tidak serius memberantas berita hoax alias palsu yang beredar. Seharusnya, Facebook memberikan fitur baru yang memungkinkan pembaca atau pengguna menentang pandangan yang berisi berita palsu atau hoax.

“Saya ingin melihat dari Facebook, ketika ada seseorang yang menyebarkan berita palsu, ada pilihan untuk filter melaporkan berita palsu yang disebar ini. Tolong saya dengan filter ini,” kata Wales dalam acara Viva Tech Conference seperti dilansir CNBC.

Wales mengharapkan para pengguna tidak gampang menyebarkan berita tanpa mengetahui kebenarannya. “Saya ingin menjadi manusia yang cerdas, berpikir, dan reflektif,” ujar Wales.

“Jika Facebook tidak bisa memberikan fitur ini, itu sama saja jejaring sosial ini tidak bisa mencerdaskan penggunanya untuk periode ke depan,” pungkasnya.

Facebook belum mengeluarkan pernyataan resminya terkait permintaan Wales.

Comments

comments