Berita Prospek dan Peluang Bisnis IoT di Indonesia

Prospek dan Peluang Bisnis IoT di Indonesia

Internet of Things (IoT)

Teknologi Internet of Things telah menjadi buah bibir selama beberapa tahun terakhir, dan tidak dapat dipungkiri kehadirannya memang akan memberikan pengaruh besar untuk kehidupan masyarakat.

Erafone dan Traya Events sukses menggelar pameran Teknopolis 2017 yang mengusung tema “Today’s Technology and Beyond”. Pemeran teknologi itu juga mengedukasi masyarakat Indonesia tentang pentingnya teknologi berbasis Internet of Things (IoT) di Indonesia saat ini.

“IoT akan mengubah cara kita hidup di masa depan dan perubahan tersebut sudah dirasakan mulai dari sekarang. Kami menghargai Teknopolis yang telah mengundang dan memberikan edukasi publik tentang produk teknologi IoT dalam acara ini,” kata Jaehoon Kwon (Presiden Samsung Electronics Indonesia)

Sofyan Hadiwijaya (Coder dan Pendiri Pinjam) mengatakan teknologi IoT banyak memberikan manfaat bagi kemaslahatan manusia sepertidi bidang pertanian dan peternakan yang bertugas mengumpulkan data sehingga membuat proses automation dengan memanfaatkan sensor, mapping, atau GPS (Global Positioning System).

“IoT bisa digunakan untuk beragam hal, intinya mengoneksikan beberapa peralatan agar bisa saling berkomunikasi, misalnya handphone yang bisa digunakan untuk mematikan lampu rumah dan mengakses security camera,” katanya dalam siaran persnya, Senin.

Sofyan mengatakan teknologi IoT masih berusia dini di Indonesia karena masih dalam tahap pengenalan ke publik.

“Karena masih baru, maka IoT memiliki peluang yang cukup besar bagi para pengembang atau startup untuk membuat aplikasi unik yang dapat mendatangkan pendapatan,” ujarnya.

Selama tiga hari pameran, para pengunjung bisa merasakan dan melihat sejumlah aplikasi dan produk IoT karya anak bangsa seperti aplikasi GO-JEK dan PicMix yang memiliki reputasi cukup membanggakan bagi bangsa Indonesia.

Piotr Jakubowski (Chief Marketing Officer GO-JEK) mengatakan bisnis berbasis internet seperti GO-JEK akan berkembang pesat. Syaratnya, pihak-pihak yang terlibat di dalamnya harus saling percaya satu sama lainnya sehingga menggerakan roda ekonomi bangsa.

“Salah satu tantangan dengan inovasi yang berkembang begitu pesat adalah menyesuaikan dengan regulasi pemerintah,” katanya.

Selain itu, Picmix juga telah mengadopsi teknologi IoT untuk bidang fotografi. “Ini adalah karya asli Indonesia yang sudah mendunia karena sudah terpampang di SWSX, Texas, Amerika Serikat,” kata Calvin Kizana (CEO & Founder Picmix).

Drone

Salah satu hal yang menarik dalam ajang Teknopolis adalah maraknya pengenalan dan penjualan drone atau pesawat tanpa awak. Mulai dari DJI, Parrot, ZeroTech, dan Go Pro. Bahkan, IDRF (Indonesia Drone Racing Federation) menggelar kompetisi Drone Race selama dua hari. Ada tiga kelas lomba yang dipertandingkan yakni kelas Mini FPV, Micro brushed dan Micro Brushless FPV.

Undian Menarik

Selama pameran TEKNOPOLIS, para pengunjung dapat memiliki kesempatan untuk mendapatkan undian hadiah dari tiket masuk berupa 3 (tiga) unit smartphone Samsung S8, 5 (lima) unit Yi Camera 4K, dan 10 unit speaker Harman Kardon tipe Onyx.

Comments

comments