Fitur Enterprise 13 Sertifikasi Paling Prestisius di Dunia TI Saat ini

13 Sertifikasi Paling Prestisius di Dunia TI Saat ini

Ilustrasi Sertifikasi Microsoft

Tenaga profesional yang memiliki sertifikasi IT sangat dihargai karena memiliki skill yang teruji dan memudahkan Anda mencari pekerjaan di industri IT. Di dunia IT, pengalaman adalah raja. Dengan sertifikasi, Anda bisa tumbuh dengan cepat dan beradaptasi di industri IT yang cepat berubah.

Berdasarkan laporan Salary Guide 2017, Robert Half Technologies mengungkapkan sertifikasi-sertifikasi IT yang paling berharga di dunia teknologi.

Tercatat, ada 13 sertifikasi IT yang paling bergengsi untuk memudahkan Anda mencari pekerjaan baru, meningkatkan gaji, dan mempercepat jenjang karir Anda.

Berikut sertifikasi IT yang paling bergengsi dunia IT saat ini seperti dikutip CIO:

Sertifikasi Microsoft

Microsoft memiliki tiga sertifikasi berharga untuk bidang server, desktop, aplikasi, database dan pengembangan skill. Anda pun bisa mendapatkan sertifikasi itu berdasarkan level yang berbeda, dari asosiasi dari master.

Microsoft membagi level sertifikasinya berdasarkan spesialisasi dengan program mobility, cloud, produktif, data, aplikasi pengembangan dan aplikasi pengembangan bisnis.

1. Microsoft Office Specialist (MOS)

Sertifikasi MOS khusus untuk tenaga prosesional IT yang mahir dalam urusan Microsoft Office Suite termasuk Word, Excel, Outlook, PowerPoint, Access, SharePoint, OneNote dan Exchange.

Sertifikasi MOS sangat populer di kalangan pegawai kantoran, asisten eksekutif dan pegawai administrasi lainnya. Jika anda memiliki sertifikasi dapat meningkatkan gaji Anda tetapi nilai presentasinya tergantung perkejaan Anda sekarang. Menurut PayScale, rata-rata gaji untuk sertifikasi MOS adalah $45,000 atau sekitar Rp500 jutaan sampai $65,000 Rp700 jutaan pertahun.

2. Microsoft Certified Solutions Expert (MCSE)

Sertifikasi MSE sangat identik dengan seseorang yang memperdalam urusan server, jaringan private cloud, jaringan enterprise, data systems, perangkat enterprise, aplikasi bisnis atau storage. Ada beberapa sub kategori yang bisa Anda pilih seperti aplikasi bisnis, platform cloud dan infrastruktur, manajemen data dan analisis, mobility dan produktivitas.

Sertifikasi MCSE sangat populer di kalangan manajer IT, direktur, system administrators, systems engineers dan network administrators. Menurut PayScale, rata-rata gaji seseorang yang memiliki sertifikasi MCSE berkisar $50,000 – $145,000.

3. Microsoft Certified Solutions Developer (MCSD)

Microsoft berjanji sertifikasi MCSD akan membantu Anda mendapatkan kerjaan, meningkatkan kemampuan dan memberikan dampak bisnis yang besar. Sertifikasi ini fokus kepada pengembangan aplikasi untuk produk windows.

Pekerjaan yang mengharuskan sertifikasi MCSD adalah software engineer, arsitek, pengembang dan programmer. PayScale melaporkan orang yang memiliki sertifikasi MCSD mempunyai rata-rata gaji senilai $50,000 – $150,000 pertahun.

Sertifikasi ISACA

ISACA berdiri pada 1967 dengan nama Information Systems Audit and Control Association tetapi sertifikasi itu sangat terkenal di kalangan dewan direksi profesional pemerintah.

4. Certified Information Systems Auditor (CISA)

ISACA mengatakan sertifikasi CISA untuk kontrol audit IS. Sertifikasi itu mendemonstrasikan kemampuan dalam audit, membuat laporan dan seberapa bagus Anda menangani celah.

Sertifikasi CISA sangat identik dengan peran auditor IT termasuk senior auditor teknologi informasi, manajer keamanan informasi dan analis keamanan. Menurut PayScale, gaji seseorang yang memiliki sertifikasi CISA mempunyai rata-rata gaji $48,000 – $171,000 pertahun.

5. Certified Information Security Manager (CISM)

Untuk mendapatkan sertifikasi CISM, Anda membutuhkan pengalaman 5 tahun dalam bidang keamanan informasi dan 3 tahun dalam bidang manajer keamanan.

Sertifikasi CISM sangat cocok untuk kalangan profesional keamanan IT seperti manajer keamanan informasi, analis keamanan, CIO dan arsitek keamanan IT. Menurut PayScale, orang yang memiliki sertifikasi CISM mempunyai rata-rata gaji $59,000 – $225,000 pertahun.

6. Certified in Risk and Information Systems Control (CRISC)

ISACA menekankan sertifikasi CRISC hanya untuk profesional IT yang memiliki peran strategis dalam perusahaan. Sertifikasi CRISC sangat cocok untuk auditor IT, CIO, petugas keamanan informasi, manajer keamanan dan sistem audit. Menurut PayScale, seseorang yang memiliki sertifikasi CRISC mempunyai gaji $93,000 – $181,00 setiap tahunnya.

7. Certified in the Governance of Enterprise IT (CGEIT)

Seseorang yang memiliki sertifikasi CGEIT sangat handal dalam bidang pemerintah. Sertifikasi CGEIT hanya untuk upper-level dan senior-level termasuk wakil presiden, direktur IT, manajer keamanan IT dan CIO. PayScale mengungkapkan seseorang yang memiliki sertifikasi CGEIT mempunyai gaji $127,000 – $141,000 setiap tahunnya.

Cloud Computing

Cloud computing memiliki platform yang sangat penting untuk bisnis modern dan mengatur data yang besar serta menjalankan aplikasi dan infrastruktur. Tentunya, kemampuan cloud computing dan sertifikasi cloud computing dapat menolong karir Anda.

8. MCSE: Cloud Platform and Infrastructure

Sertfikasi MCSE: Cloud Platform and Infrastructure. Sertifikasi itu fokus kepada teknologi cloud Microsoft yang termasuk storage, jaringan, virtualisasi dan manajemen sistem.

Sertifikasi MCSE harus dimiliki oleh manajer IT, direktur, systems administrators, system engineers and network administrators. Menurut PayScale, seseorang yang memiliki gaji MCSE mempunyai rentang gaji $47,000 – $145,000 pertahun.

9. VCP6 – DCV

Sertifikasi VMWare VCP VCP6 – DCV menawarkan kemampuan dalam untuk menangani infrastruktur vSphere V6. VMWare mengatakan sertifikasi ini sangat populer di dunia.

Sertifikasi VCP mengatakan sertifikasi itu sangat cocok untuk administrator system, manajer IT dan systems engineers. Menurut PayScale, sertifikasi VCP memiliki rentang gaji senilai $48,000 to $126,000 pertahun.

10. AWS Certified Solutions Architect – Professional

AWS merupakan pilihan platform cloud yang paling bagus.

Serifikasi AWS Certified Solutions Architect – Associate sangat cocok untuk administrator IT, systems engineers, dan pengembangan cloud Amazon. Seseorang yang memiliki sertifikasi AWS Certified Solutions Architect – Professional mempunyai gaji $125,000.

Project Management

Manajemen Project sangat penting untuk pengembangan hardware dan software. Untuk tenaga profesional IT, sertifikasi itu dapat mendemonstrasikan kemampuan dalam membuat rencana, mengatur jadwal dan mengeksekusi proyek sehingga memberikan hasil yang nyata dan memuaskan.

11. Certified Associate in Project Management (CAPM)

Sertifikasi CAPM didapatkan melalui Project Management Institute (PMI). Sertifikasi itu dapat membantu seseorang untuk meningkatkan kemampuan dalam project management.

Sertifikasi CAPM sangat cocok untuk manajer proyek, koordinator proyek dan analis bisnis IT. PayScale mengungkapkan rata-rata gaji sertifikasi CAPM $35,000 – $129,000 pertahun.

12. Project Management Professional (PMP)

Sertifikasi PMP juga harus didapatkan melalui PMI tetapi memiliki pendekatan yang lebih canggih. Seseorang yang memiliki sertifikasi PMP memungkinkan Anda bekerja di virtual segala industri dengan berbagai metodelogi.

Sertifikasi PMP sangat cocok untuk manajer proyek IT, direktur operasi IT. PayScale melaporkan rata-rata gaji sertifikasi PMP senilai $58,000 – $177,000 pertahun.

13. Certified Scrum Master (CSM)

Sertifikasi CSM sangat cocok untuk manajer proyek It dan software engineers. PayScale melaporkan rata-rata gaji sertifikasi CSM dari $56,000 – $142,000 pertahun.

Comments

comments