Uji Produk D-Link DAP-2230: Access Point Ringkas untuk Kelas Bisnis

D-Link DAP-2230: Access Point Ringkas untuk Kelas Bisnis

Tidak hanya memiliki lini produk jaringan di segmen konsumen umum, D-Link juga memiliki jajaran produk yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan bisnis. Salah satunya adalah access point D-Link DAP-2230 yang kami uji kali ini. Access point ini merupakan salah satu dari sejumlah produk yang baru-baru ini diperkenalkan D-Link untuk segmen bisnis di Indonesia.

Access point D-Link DAP-2230 ini memiliki dimensi yang menurut kami terbilang ringkas. Ukurannya yang hanya sekitar 12,9 x 12,9 x 2,9 cm tidak akan memakan banyak tempat. Apalagi, access point ini juga ditujukan untuk dipasang di dinding atau plafon sehingga tidak akan terlalu menarik perhatian.

Ditujukan untuk penggunaan di lingkungan bisnis, D-Link DAP-2230 ini menawarkan ketangguhan serta daya pancar yang terbilang baik. Perangkat ini mendukung koneksi nirkabel 802.11b/g/n di pita 2,4 GHz. Secara teoritis, access point ini diklaim mampu menghasilkan bandwidth maksimal hingga tiga ratus Mbps. Kecepatan tersebut masih cukup memadai untuk mendistribusikan data di ruang lingkup yang luas. Perangkat ini juga memiliki sebuah konektor RJ45 yang berfungsi sebagai LAN. Port yang memiliki kecepatan maksimal seratus Mbps itu juga memiliki dukungan power over ethernet (PoE).

Sebagai perangkat yang ditujukan untuk kepentingan bisnis, D-Link DAP-2230 ini juga kompatibel dengan aplikasi D-Link Central WiFiManager. Aplikasi yang tersedia gratis ini bisa digunakan untuk mengelola banyak perangkat nirkabel sekaligus. Aplikasi ini juga bisa menampilkan laporan yang lengkap mengenai kondisi jaringan Anda. Aplikasi ini bisa digunakan pada sistem operasi Windows serta bisa diakses melalui web browser.

Panel kontrol web D-Link DAP-2230 ini terbilang cukup sederhana. Namun, fitur yang ditawarkannya cukup lengkap. Selain access point, perangkat ini juga bisa difungsikan sebagai wireless repeater atau sebagai wireless client untuk memperluas jangkauan jaringan nirkabel.

D-Link DAP-2230 ini memiliki kinerja yang menurut kami cukup baik. Kami menguji kinerjanya dengan koneksi klien tunggal. Hasilnya, access point ini memiliki kecepatan rata-rata sekitar 98 Mbps dengan tingkat stabilitas cukup konsisten. Daya pancar sinyalnya juga terbilang baik.

D-Link CWM-100 merupakan sebuah software manajemen perangkat yang kompatibel dengan DAP-2230 ini.

Tampilan panel kontrol webnya terbilang sederhana namun menampilkan opsi yang cukup lengkap.

Plus: Dimensi ringkas, fitur cukup lengkap, ada software manajemen

Minus: Konektor LAN hanya seratus Mbps

SpesifikasiD-Link DAP-2230
Standar802.11b, 802.11g, 802.11
Konektor1 x LAN 100 Mbps (Support PoE)
Kecepatan300 Mbps
FiturMAC Address Filter, Multiple SSID, VLAN, Management Software (CWM-100)
KelengkapanPower adapter, Manual
Mode operasiWireless router
Situs webwww.dlink.co.id
Kisaran hargaRp1.400.000

Comments

comments