Uji Produk Smartphone Oppo F1s: Jagonya Selfie

Oppo F1s: Jagonya Selfie

Oppo menghadirkan jajaran Selfie Expert dalam tiga varian yaitu F1, F1 Plus, dan F1s yang diluncurkan ke pasar secara berurutan dalam jenjang waktu beberapa bulan saja. Secara garis besar, ketiganya menyasar kelas menengah dan ditujukan bagi pengguna yang membutuhkan smartphone dengan kemampuan kamera mumpuni.

Desain yang digunakannya tidak jauh berbeda dengan seri-seri sebelumnya. Namun, secara umum smartphone ini paling mirip dengan F1 Plus. Desain unibody berbahan aluminium alloy dengan dimensi yang tipis serta lapisan layar lengkung 2.5D, membuat Oppo F1s terlihat elegan. Oppo menempatkan kartu SIM dan micro-SD dalam satu kompartemen yang ditempatkan pada selot di sisi kanan yang bersebelahan dengan tombol power. Tombol volume ditempatkan di sisi kiri, dan di bagian bawah terdapat port audio, micro-USB, serta speaker stereo. Karena dibuat di tanah air, otomatis Oppo F1s sudah mendapatkan sertifikasi TKDN. Oleh karena itu, Oppo F1s sudah mendukung jaringan 4G pada kedua selot kartu nano-SIM-nya.

Oppo F1s memiliki tombol Home fisik yang juga berfungsi sebagai pemindai sidik jari. Menariknya, sensor ini tidak hanya bisa digunakan untuk membuka layar saat terkunci, tetapi juga sebagai shortcut untuk menjalankan perintah lainnya. Secara keseluruhan, ada lima perintah berbeda yang bisa dijalankannya dan pengguna bisa menentukan sendiri kelima perintah tersebut. Setiap perintah bisa dibedakan sesuai dengan jari tangan pengguna. Misalkan, jari telunjuk untuk membuka layar, ibu jari untuk melakukan panggilan telepon, dan seterusnya.

Jika bagian depan memiliki warna putih, bagian belakang Oppo F1s memiliki tiga pilihan warna yaitu gold, white, dan rose gold. Kamera utamanya sendiri ditempatkan di pojok kiri atas bersebelahan dengan lampu kilat.

Sebagai camera-phone, Oppo F1s mengedepankan kamera depan yang memiliki resolusi 16 megapixel dibanding kamera utama yang memiliki resolusi 13 megapixel. Sebagai pendukung, aplikasi kamera menyertakan berbagai pilihan untuk menghasilkan foto dan video yang menarik serta kreatif. Di kamera depan, terdapat pilihan Time Lapse, Video, Photo, Beauty, dan Panorama, mirip dengan pilihan pada kamera utama. Namun, kamera depan memang menawarkan pilihan filter yang lebih sedikit dibandingkan dengan kamera utama.

Yang agak disayangkan adalah kamera depan tidak menyediakan lampu kilat. Sebenarnya, banyak smartphone yang tidak menyertakan lampu kilat pada kamera depannya. Namun, karena Oppo F1s ditujukan bagi penggila selfie, kami menilai ketiadaan lampu kilat membuatnya kurang lengkap. Sebagai pengganti, Oppo menyertakan fitur flash melalui aplikasi.

Kamera utamanya memiliki pilihan yang lebih lengkap. Yang paling menarik adalah pilihan Manual atau Expert Mode yang menyediakan beragam opsi seperti AWB, Exposure, ISO, Shutter, Focus, serta yang terbilang menarik adalah pilihan format RAW. Dengan aneka opsi ini, pengguna bisa mengeksplorasi kemampuan kamera dalam mengambil gambar atau video pada berbagai kondisi.

Melihat hasil yang diperoleh dari pengujian, terlihat bahwa Oppo F1s menghasilkan skor yang cukup baik. Tidak hanya itu, kami juga mencoba menjalankan beberapa game yang diwakili oleh Mortal Kombat X, UFC, dan Asphalt 8: Airborne. Hasilnya? Semua bisa dijalankan dengan lancar.

Kami melakukan pengujian daya tahan baterai menggunakan PCMark for Android dengan tingkat kecerahan layar yang diatur ke posisi maksimal. Dengan kapasitas baterai 3.075 mAh, simulasi yang dilakukan PCMark for Android menunjukkan bahwa baterainya mampu bertahan selama 6 jam 24 menit.

Selot Kartu
Hanya memiliki satu selot, dua kartu nano-SIM serta kartu micro-SD menggunakan satu kompartemen yang sama.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sensor Fingerprint
Tombol Home juga berfungsi sebagai sensor fingerprint yang bisa pula difungsikan untuk mengaktifkan lima perintah berbeda.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jaringan 4G
Kedua selot kartu nano-SIM sudah mendukung jaringan 4G LTE yang mendukung kecepatan internet sampai 150 Mbps.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

User Interface
Oppo F1s menggunakan Android 5.1 Lollipop dengan tampilan antarmuka ColorOS 3.0 yang ringan. Smartphone ini juga mengadopsi banyak fitur yang biasa ditemukan pada smartphone kelas menengah ke atas.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kamera Mumpuni
Pilihan Expert Mode memungkinkan pengguna mengeksplorasi kemampuan kamera utama secara lebih luas. Sementara kamera depannya mengandalkan fitur Beautify untuk selfie.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Hasil uji

PengujianOPPO F1s
AnTuTu Benchmark 6.2.141261
PCMark – Work Performance3676
3Dmark - Ice Storm8413
3Dmark - Ice Storm Extreme4970
3Dmark - Ice Storm Unlimited7537
GeekBench 4 - Single Core645
GeekBench 4 - Multi Core2515

PLUS: Desain keren, ada fitur fingerprint, tersedia Expert Mode pada kamera utama serta dukungan format RAW, resolusi kamera depan enam belas megapixel, layarnya dilapisi Gorilla Glass 4, user interface-nya ringan.

MINUS: Kamera depan tanpa flash, tidak ada fitur fast charging.

SpesifikasiOPPO F1s
ProsesorMediaTek MT6750 (quad core Cortex-A53 1,5 GHz & quad core Cortex-A53 1 GHz)
RAM3 GB
Chip grafisMali-T860 MP2
Kapasitas simpan internal32 GB
Selot SIMDual SIM (nano)
Jaringan selulerGSM/HSPA/LTE
Dukungan koneksiWi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot, Bluetooth 4.0, GPS, A-GPS, jack audio 3,5 mm, micro-USB, USB-OTG
KameraBelakang: 13 MP, dual LED flash, video 1080p/Depan: 16 MP, screen flash, video 1080p
LayarIPS LCD 5,5 inci 1.280 x 720 pixel @ 267 ppi, Corning Gorilla Glass 4
Kapasitas bateraiLi-ion 3.075 mAh
Dimensi/bobot15,45 x 7,6 x 0,74 cm/160 gr
Sistem operasiAndroid 5.1 Lollipop (ColorOS v3.0)
Situswww.oppo.com
Garansi1 tahun
HargaRp3.799.000

Comments

comments