Berita Mainframe IBM z14 Enkripsi Data 100 Persen, Lebih Tangguh Hadapi Serangan Siber

Mainframe IBM z14 Enkripsi Data 100 Persen, Lebih Tangguh Hadapi Serangan Siber

The IBM Z mainframe is a breakthrough in data protection technology designed to tackle the epidemic of data breaches. (Photo Credit: Connie Zhou for IBM)

Kurangnya perhatian terhadap keamanan data membuat banyak perusahaan jatuh menjadi korban serangan ransomware yang sempat melanda beberapa waktu lalu. Akibatnya, penyusup berhasil masuk ke dalam server dan menyandera data milik korban dengan modus enkripsi.

Becermin dari masalah itu, IBM ingin mengubah enkripsi dari kelemahan menjadi kekuatan bagi perusahaan. Caranya dengan meluncurkan IBM z14, produk teranyar dari lini mainframe IBM z Systems.

IBM z14 mengandalkan fitur perlindungan data yang paripurna dengan pendekatan pervasive encryption. Apa maksudnya?

Melalui pendekatan ini, IBM z14 akan mengenkripsi 100 persen data perusahaan, baik data di server perusahaan (data at rest) maupun data yang sedang bergerak dan digunakan pengguna (data in flight). Selain itu, IBM z14 menyimpan jutaan kunci enkripsi data-data ini ini di tempat terlindung yang akan otomatis menghancurkan diri sendiri apabila mendeteksi adanya serangan atau gangguan keamanan.

Menurut IBM, mainframe konvensional berbasis x86 yang tersedia di pasaran saat ini hanya mengenkripsi sebagian kecil dari data dan informasi yang disimpan. Alasannya karena sistem-sistem itu tidak memiliki cukup kekuatan komputasi untuk melakukan enkripsi data keseluruhan.

Sementara itu, IBM z14 diklaim memiliki kekuatan prosesor 18 kali lebih tinggi ketimbang para pesaingnya, menyematkan memori tiga kali lebih besar (32 TB), dan tiga kali input/output lebih cepat sehingga sanggup mengenkripsi data 100 persen.

Berbekal konfigurasi itu, IBM z14 akan dapat memproses 12 miliar transaksi terenkripsi setiap hari, 2 juta container Docker, dan 1.000 database NoSQL secara konkuren.

IBM z14.

Dengan pendekatan pervasive encryption, IBM pun yakin bisa mengurangi ancaman keamanan enterprise hingga 92 persen.

Terkait tren ekonomi digital, IBM berencana menjadikan IBM z14 sebagai mesin enkripsi dan basis dari data center IBM Cloud Blockchain di enam kota, New York, London, Frankfurt, Sao Paulo, Tokyo, dan Toronto. IBM juga telah menangani 87 persen dari total transaksi kartu kredit di seluruh dunia.

“Kami berpikir solusi ini akan diadaptasi secara luas oleh penyedia layanan keuangan, lembaga pemerintah, pebisnis retail, travel, dan transportasi,” kata Ross Mauri (General Manager, IBM Z Systems) seperti dikutip dari ZDNet.

“Sistem ini memungkinkan pelanggan untuk mengenkripsi seluruh data di dalam mainframe. Fitur ini sangat dibutuhkan di semua industri dan negara,” imbuhnya.

Comments

comments