Berita Penyebab Apple Siri Kehilangan Jutaan Pengguna

Penyebab Apple Siri Kehilangan Jutaan Pengguna

Ilustrasi Apple Siri

Saat ini ada dua teknologi asisten virtual paling laris di pasar yaitu Amazon Alexa dan Apple. Sayangnya, Apple Siri harus mengakui kehebatan Amazon Alexa karena Apple Siri telah kehilangan jutaan pengguna.

Padahal, Apple telah mengumpulkan pengguna Siri dalam beberapa tahun terakhir melalui iPhone, Mac dan iPad.

Hal itu terungkap dari Data Verto Analytics yang mencatat Siri telah kehilangan 7,3 juta pengguna bulanan menjadi 41,4 juta pengguna pada periode Mei 2016 – Mei 2017. Tahun lalu, pengguna Apple Siri mencapai 48,7 juta pengguna.

Sebaliknya, asisten vitual Amazon Alexa sukses merangkul 800 ribu pengguna pada Mei 2016 menjadi 2,6 juta pada tahun ini. Bahkan, pengguna lebih sering berinteraksi dengan Alexa pada tahun lalu.

“Mungkin ini alasan mengapa pengguna Apple tidak lagi menggunakan Siri selama setahun terakhir karena asisten virtual di rumah lebih bermanfaat ketimbang sekadar ngobrol (dengan Siri) di perjalanan,” tulis riset tersebut seperti dikutip Wareable.

Sementara itu, pasar speaker pintar mulai meningkat, menyusul beberapa produk speaker pintar yang membanjiri pasar. Amazon pun membenamkan asisten virtual pada speaker pintar Amazon Echo. Google pun meluncurkan produk Google Home.

Apple pun telah meluncurkan Apple HomePod untuk menandingi Amazon Alexa dan Apple Siri di pasar.

Comments

comments