Fitur Anjungan Pemprov DKI Jakarta Pamer Program Kota Cerdas di Jakarta Fair 2017

Anjungan Pemprov DKI Jakarta Pamer Program Kota Cerdas di Jakarta Fair 2017

Suasana pembukaan Anjungan Pemprov DKI di Jakarta Fair 2017 oleh Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat.

Pameran Jakarta Fair 2017 saat ini sedang digelar di Arena JIExpo Kemayoran pada tanggal 8 Juni – 16 Juli 2017. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta berpartisipasi dengan menghadirkan Anjungan Pemprov yang berlokasi di Hall C1.

“Smarten Up Our Lives” dipilih menjadi tema anjungan Pemprov DKI tahun ini karena dengan berbagai program dan layanan pemerintah yang kini telah hadir di Jakarta, baik warga maupun pemerintahnya turut semakin cerdas. Tema ini pun menjadi tagline dari Jakarta Smart City.

Anjungan Pemprov terbagi menjadi enam zona utama, meliputi Zona Peningkatan Kapasitas dan Kualitas Prasarana dan Sarana Kota, Zona Ekonomi Kerakyatan, Zona Pendidikan, Sosial, Pariwisata, dan Budaya, Zona Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam, Zona Pelayanan Publik, serta Zona Inovasi dan Kreativitas.

Seluruh zona ini merupakan representasi dari pencapaian Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah 2013 – 2017.

Rangkaian Acara di Enam Zona

Setiap zona akan diisi oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) terkait. Mereka menampilkan program kerja unggulan yang tengah dikerjakan.

Zona Peningkatan Kapasitas dan Kualitas Prasarana dan Sarana Kota akan diisi oleh Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Dinas Perhubungan, PT Jakarta Propertindo, PD Pembangunan Sarana Jaya, PT MRT Jakarta, dan PT Transportasi Jakarta.

Pada zona tersebut, akan ada beberapa program unggulan yang ditampilkan seperti pembangunan rusun lengkap dengan tempat pendaftaran unit hunian, progres MRT Jakarta serta mock-up kereta dan stasiun MRT, progres LRT Jakarta dan mock-up LRT, program smart parkir, bus sekolah, Electronic Road Pricing (ERP), informasi titik rekayasa lalu lintas, alat peraga uji kir, fasilitas park and ride, rute-rute baru bus Transjakarta, program TJ Cares, rute trayek angkutan kecil, serta program Transjakarta gratis.

Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat melihat-lihat isi Anjungan Pemprov DKI di Jakarta Fair 2017.

Zona Ekonomi Kerakyatan akan diisi oleh Dinas Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah serta Perdagangan, Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian, juga BUMD DKI Jakarta seperti PT Bank DKI, PD Pasar Jaya, PT Food Station Tjipinang Jaya, PD Dharma Jaya, PT Jamkrida, serta Dewan Kerajinan Nasional Daerah Provinsi DKI Jakarta. Pada zona ini, selain mendapatkan informasi terkait tentang program-program ekonomi yang berbasis kerakyatan, warga juga bisa berbelanja bahan pangan pokok dan daging murah.

Untuk Zona Pendidikan, Sosial, Pariwisata, dan Budaya, Pemprov DKI Jakarta akan menampilkan informasi tentang Kartu Jakarta Pintar (KJP), pembangunan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA), termasuk informasi bagi warga yang ingin menjual tanahnya kepada Pemprov DKI untuk dijadikan RPTRA, dan keragaman budaya serta destinasi wisata di Jakarta. Ada pula profil dari pasukan ungu Dinas Sosial Pemprov DKI Jakarta.

Tidak kalah menarik, di Zona Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam pengunjung bisa mengetahui tentang program smart PJU yang dikerjakan Pemprov DKI serta informasi tentang proyek revitalisasi Lapangan Banteng. Profil Pasukan Hijau dan Pasukan Oranye yang menjadi ujung tombak pelayanan lingkungan di Jakarta juga ditampilkan di zona ini.

Pengunjung bisa mendapatkan pelayanan pajak, layanan perizinan, dan layanan kesehatan di Zona Pelayanan Publik. Kemudian Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi DKI Jakarta juga menampilkan program pencapaian pembangunan daerah.

Sedangkan di Zona Inovasi dan Kreativitas, warga bisa mendapatkan informasi lengkap tentang Jakarta Creative Hub dan Coworking Space yang kini dimiliki oleh Pemprov DKI Jakarta. Perusahaan startup pendukung seperti Qlue, Pop Box, Tokopedia, dan Trafi juga ikut meramaikan zona tersebut.

Suasana pembukaan Anjungan Pemprov DKI di Jakarta Fair 2017.

Menyambut Asian Games 2018

Untuk menyambut Asian Games 2018, Anjungan Pemprov DKI Jakarta dimeriahkan dengan promosi Asian Games 2018 dari tim INASGOC. Nantinya akan dihadirkan informasi venue Asian Games 2018 dan juga akan ada Meet and Greet dengan para atlet.

Unit Pengelola Jakarta Smart City akan ikut memeriahkan anjungan dengan miniatur monitoring room, bersama dengan Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Pemprov DKI Jakarta dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah yang menampilkan layanan darurat 112.

Selain itu, akan ada talkshow, games, seminar, seni dan hiburan, serta pojok aspirasi untuk memfasilitasi pengunjung yang ingin menyumbang ide, gagasan, saran maupun kritik untuk Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Area Anjungan Pemprov DKI Jakarta akan mengakomodasi pembayaran nontunai menggunakan kartu Jakcard dan aplikasi JakOne Mobile dari Bank DKI. Rangkaian acara di panggung anjungan dapat diakses pada halaman utama situs jakarta.go.id.

Seluruh acara di Anjungan Pemprov DKI di Jakarta Fair 2017 didukung penuh oleh PT Napindo Media Ashatama dan para sponsor: Philips Indonesia, Huawei, KNCV Tuberculosis Foundation Indonesia, Penjaminan Kredit Daerah Jakarta (Jamkrida), Bank DKI, Food Station, Jakarta Propertindo, Trans Jakarta, PD Darmajaya, PD PAL, PD Pasar Jaya, PD Sarana Jaya, Hewlett Packard Enterprise, Bank Indonesia, Linknet, Linksys, Tokopedia, dan Asosiasi Sistem Integrator Dan Sekuriti Indonesia (ASISINDO).

Comments

comments