Berita Alasan Harga iPhone 8 Akan Sangat Mahal

Alasan Harga iPhone 8 Akan Sangat Mahal

ilustrasi iPhone 8

Apple akan meluncurkan smartphone flagshipnya pada bulan depan dan segala rumor iPhone 8 terus beredar membuat penasaran para pecinta iPhone.

Kali ini, Luo Zhongsheng (Eksekutif Foxconn) mengatakan Apple akan membanderol iPhone dengan harga yang lebih mahal dari model-model iPhone sebelumnya karena pembuatannya yang sangat rumit dan komponennya yang mahal.

“iPhone 8 tidak akan dijual dengan harga murah atau lebih mahal daripada iPhone-iPhone sebelumnya,” katanya dalam akun Weibo-nya seperti dikutip 9to5mac.

Foxconn sendiri adalah salah satu mitra manufaktur berbagai produk Apple termasuk iPhone.

Ada beberapa faktor yang membuat iPhone 8 sangat mahal. Pertama, iPhone 8 akan mengusung panel layar OLED yang harga komponennya memang mahal di banding panel layar lainnya.

“Panel OLED diproduksi dengan desain khusus dan membuat biaya produksinya jauh lebih mahal daripada layar dengan bentuk standar. Apple pun harus mengeluarkan uang lebih banyak untuk layar tersebut yang membuat harga jual iPhone 8 lebih tinggi,” ucapnya.

Apalagi, Apple memesan panel layar itu dengan desain khusus untuk mengakomodasi desain iPhone 8.

“Desain khusus ini membuat tingkat kegagalan produksi panel layar OLED menjadi 40 persen,” ucapnya.

Layar iPhone 8 memerlukan sejumlah penyesuaian terhadap peralatan produksi, karena layar iPhone 8 akan menjadi “rumah” bagi kamera pengenalan wajah dan para manufaktur membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memproduksinya.

“Memotong layar menjadi bentuk spesial sangatlah sulit dan biayanya tidak akan murah. Saya memprediksi kalau iPhone 8 tidak akan murah,” tulis Zhongsheng di laman Weibo-nya itu.

Kedua, iPhone 8 akan hadir dengan warna baru yaitu copper gold sekaligus melengkapi warna yang ada sebelumnya yaitu hitam dan putih.

Sejauh ini belum ada konfirmasi dari Apple tentang tanggal peluncuran dan harga jual iPhone 8. Namun dari pernyataan eksekutif Foxconn tersebut, iPhone 8 diyakini akan lebih mahal daripada dua iPhone lainnya yaitu iPhone 7s dan 7s Plus.

Harga jual iPhone 8 kemungkinan lebih dari US$ 1.000 atau sekitar Rp13 jutaan.

Comments

comments