Berita Google Hadirkan Wi-Fi Publik, YouTube Go, dan Assistant Lokal di Indonesia

Google Hadirkan Wi-Fi Publik, YouTube Go, dan Assistant Lokal di Indonesia

Tony Keusgen (Managing Director, Google Indonesia).

Google menggelar acara tahunan “Google 4 Indonesia” yang mengetengahkan berbagai inisiatif Google di Indonesia dalam mendukung penetrasi internet, pengembangan bisnis dan konten lokal, serta produktivitas masyarakat di tanah air.

Sejumlah pengumuman menarik disampaikan Google pada acara hari ini (24/8) di Ciputra Artpreneur, Jakarta.

Salah satunya peluncuran Google Station, fasilitas Wi-Fi publik yang memberi akses internet cepat, mudah, dan aman bagi masyarakat.

Google Station, fasilitas Wi-Fi publik yang memberi akses internet cepat, mudah, dan aman bagi masyarakat.

“Google percaya semua orang harus memiliki tiga hal: akses ke internet, produk dan sarana yang sesuai, dan platform untuk berkembang. Kami melihat adanya kebutuhan untuk sebuah produk yang cepat, sederhana, dan scalable. Maka, kami akan segera hadirkan Google Station di Indonesia,” ujar Tony Keusgen (Managing Director, Google Indonesia).

Inisiatif Google Station pertama kali dikenalkan Google di India pada tahun 2016 dan sudah menjangkau 3,5 juta orang setiap bulan.

Dalam menggelar Google Station di Indonesia, Google bekerjasama dengan CBN dan FiberStar selaku penyedia jaringan dan infrastruktur. Google menjanjikan pemasangan Google Station di seluruh pulau Jawa dan Bali, diawali di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Denpasar, dan Bandung.

Google Assistant dalam bahasa Indonesia.

Pengumuman lainnya adalah dirilisnya aplikasi Google Assistant dan Google Allo dalam bahasa Indonesia.

Melalui kedua aplikasi ini, para pengguna Android dapat bercakap-cakap lebih mudah dengan asisten pintar Google, bahkan bisa melontarkan lelucon dan bermain tebak-tebakan dengan bahasa lokal. Pengguna pun bisa menanyakan apa pun dalam satu halaman tanpa harus berganti aplikasi.

Selain itu, Google telah menggandeng RS Mitra Keluarga guna menyajikan informasi kesehatan yang lebih akurat dalam hasil pencariannya.

Waze mampu memberi rekomendasi perjalanan berdasarkan nomor polisi kendaraan terkait peraturan ganjil genap.

Produk Google lainnya, Waze, menjadi sorotan Google karena sudah digunakan secara aktif oleh 2 juta orang setiap bulan di Jakarta untuk berbagi informasi lalu lintas. Angka ini menjadikan Indonesia sebagai negara kedua terbesar di Asia Pasifik dalam jumlah pengguna Waze.

Berkat data dari Waze, Google dapat mengetahui dampak positif dari peraturan ganjil genap di Jakarta, yakni mempersingkat rata-rata waktu tempuh hingga 19 persen pada setiap perjalanan.

Mulai hari ini, Waze pun mampu memberi rekomendasi perjalanan berdasarkan nomor polisi kendaraan pengguna terkait peraturan ganjil genap.

Terakhir, Google mengumumkan kehadiran aplikasi YouTube Go di Indonesia.

Aplikasi ini menawarkan fitur penghematan data dan optimalisasi konten yang lebih baik ketimbang YouTube standar. Pasalnya, aplikasi ini dirancang khusus bagi pengguna-pengguna di negara berkembang, setelah sebelumnya sukses diujicoba di India dan Nigeria.

Aplikasi YouTube Go menawarkan fitur penghematan data dan optimalisasi konten yang lebih baik ketimbang YouTube standar.

Melalui aplikasi YouTube Go, pengguna bisa menyaksikan preview video yang akan disaksikan sebelum memutuskan akan melanjutkan menonton atau tidak. Tersedia pula pilihan untuk mengunduh video dalam beberapa opsi berdasarkan resolusi dan ukuran file. Dengan begitu, pengguna tidak perlu menghabiskan banyak kuota data kalau ingin menonton video yang sama berulang-ulang.

“Lebih dari sembilan channel YouTube di Indonesia saat ini memiliki 1 juta subscriber, seperti Bayu Skak, Gen Halilintar, Ria Ricis, Cameo Project, dan Net Mediatama,” kata Zuber Muhammad (Head of YouTube Marketing for Next Billion Users, Google).

Google tidak menyebutkan jadwal resmi peluncuran YouTube Go di Indonesia. Tetapi, mereka memberikan alamat http://youtubego.com/signup bagi pengguna yang ingin mendaftar lebih dulu.

Comments

comments