Berita Google Segera Buang Aplikasi “Sampah” dari Play Store

Google Segera Buang Aplikasi “Sampah” dari Play Store

ilustrasi google play store

Play Store adalah gudangnya jutaan aplikasi Android dan Anda bisa mendapatkan berbagai macam jenis aplikasi termasuk aplikasi sub standar. Sayangnya, banyak pengguna mengeluhkan aplikasi-aplikasi Android yang jelek dan banyak menyimpan malware atau spam.

Karena itu, Google pun akan membuang aplikasi-aplikasi yang tidak bermutu dari Google Play Store sekaligus meningkatkan kualitas dan memperketat pengawasan pada aplikasi-aplikasinya.

Banyaknya aplikasi-aplikasi Android “sampah” yang beredar di Google Play karena Google menerapkan sistem open-source. Sebaliknya, Apple sangat mengawasi dan memperketat aplikasi-aplikasi yang beredar di App Store.

Google akan menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk memberikan rating terhadap sebuah aplikasi yang berada di Play Store seperti dikutip CNBC.

Jika sebuah aplikasi memiliki performa yang baik, maka aplikasi itu akan berada di jajaran yang lebih tinggi sehingga akan mendapatkan lebih banyak pengguna. Sebaliknya, jika hasil ratingnya jelek, maka aplikasi itu akan terletak di bagian paling bawah.

Dengan bantuan AI, Google itu akan menghilangkan aplikasi tak bermutu dari Play Store. Selain itu, Google juga akan mendorong para developer aplikasi untuk menciptakan aplikasi yang berkualitas dan meningkatkan nilai rating mereka.

Tentunya, hal itu akan menyulitkan aplikasi berbayar atau premium yang memiliki rating rendah untuk naik ke peringkat teratas. Sayangnya, Google belum mengungkapkan rincian algoritma terbaru miliknya secara lebih mendalam.

Comments

comments