Berita Kini Pilot Bisa Terbangkan Pesawat dari Darat

Kini Pilot Bisa Terbangkan Pesawat dari Darat

Isu otomatisasi sedang menjadi tren akhir-akhir ini, tidak hanya mobil tanpa sopir. Kini ada tren baru pesawat tanpa pilot. Jarrod Castle (Pengamat UBS) mengatakan pesawat tanpa pilot akan menjadi tren di masa depan.

“Nantinya, hanya ada satu pilot dalam satu pesawat. Satunya pilotnya lagi akan bertugas di darat dan mengawasi 10-20 pesawat sekaligus,” katanya seperti dikutip CNBC.

Pada 1980an, jumlah pilot dalam sebuah pesawat bisa sebanyak tiga orang dan berkurang menjadi dua orang hingga sekarang.

“70 persen kecelakaan pesawat karena kesalahan manusia bukan kesalahan mesin. Aktivitas pilot dalam menerbangkan pesawat sangat minim hanya 5 – 10 persen pada saat ini dan sisanya ada sistem yang memonitor,” ujarnya.

“Saat ini banyak lowongan menjadi pilot karena tingginya akan penerbangan dan akan terus berkembang dalam dua ke dekade mendatang,” ucapnya.

Peraturan seberapa banyak pilot di cockpit memang menjadi perdebatan dalam beberapa tahun terakhir, menyusul tragedi Germanwings pada Maret 2015 yaitu salah satu pilotnya terkunci di luar cockpit dan menyebabkan pesawatnya tabrakan ke pegunungan Alpen di Perancis.

Karena itu, banyak penerbangan yang mengharuskan ada dua orang di dalam cockpit.

Steve Landells (Spesialis Keselamatan British Air Line Pilots Association) mengatakan kemungkinan pilot menerbangkan pesawat dari darat bisa saja terjadi walaupun ia tidak menjamin apakah pesawat tanpa sopir akan terjadi di masa depan terkait permasalahan keselamatan.

“Otomatisasi di dalam ruang cockpit bukanlah hal baru karena teknologi itu sudah mendukung beberapa operasi. Tentunya, proyek pesawat tanpa pilot membutuhkan investasi yang besar untuk menjamin keselamatannya,” pungkasnya.

Comments

comments