Berita Mengintip CV Bill Gates Tahun 1974, Berapakah Gajinya?

Mengintip CV Bill Gates Tahun 1974, Berapakah Gajinya?

Hampir semua orang pasti mengenal orang terkaya di dunia Bill Gates (Pendiri dan Mantan CEO Microsoft) yang kekayaannya mencapai 90 miliar dolar AS.

Ternyata, Bill Gates pun memulai dari dasar dan ia pernah melamar kerja sambil membawa resume atau daftar riwayat hidup sebelum menjadi miliarder seperti sekarang ini.

Musium Living Computer di Seattle memamerkan resumenya Bill Gates ketika ia berusia 18 tahun dan tertulis tahun 1974. Kala itu, Gates dan Paul Allen sedang bekerja di Honeywell

Saat itu, Gates masih tercatat sebagai seorang mahasiswa baru di Universitas Harvard dan berat badannya hanya 130 pounds atau sekitar 59 kilogram seperti dikutip CNBC.

Di dalam resumenya, Gates membicarakan mengenai tujuannya yang tertulis “System Analyst or System Programmer”. Dibawahnya, mengenai pendidikan tertulis, baru saja masuk tahun pertama di Harvard College.

Kursus yang diambil: Struktur Sistem Operasi, Manajemen Database, Konstruksi Compiler dan Komputer Grafik. Siswa terhormat dan menerima nilai “A” untuk semua pelajaran.

Di bagian pengalaman tertulis memiliki “PDP-10, PDP-8, PDP-11, CDC-6400, Burroughs B-5500, Nova 1200, MCS-8008. Penggunaan bahasa program termasuk FORTRAN, COBOL, ALGOL, BASIC, LISP, JOSS, dan bahasa mesin untuk semua komputer yang disebutkan di atas.

Pada tahun ini, Gates sudah memiliki gaji senilai 15 ribu dolar AS. Jika dikalkulasikan dengan mata uang dolar AS sekarang maka gaji Gates mencapai 75 ribu dolar AS.

Sangat hebat, untuk ukuran mahasiswa baru.

Tidak jelas darimana sumber penghasilannya tetapi Gates dan Allen sedang mengembangkan sebuah program komputer untuk Intel. Resume itu juga menunjukan Gates pernah bekerja sebagai programer di TRW Systems Group, Vancouver, sebuah pengembang sistem antariksa, militer dan sipil.

Comments

comments