Berita Ternyata Apple Bikin Mobil Tanpa Sopir untuk Antar Jemput Karyawan

Ternyata Apple Bikin Mobil Tanpa Sopir untuk Antar Jemput Karyawan

Konsep Mobil Autonomous Apple 1

Apple berencana membuat mobil tanpa sopir yang benar-benar bisa berjalan otomatis atau level 5.

Menurut laporan New York Times, Apple sedang mengujicoba teknologi mobil tanpa sopir PAIL untuk antar jemput karyawannya dari kawasan perumahan di Palo Alto ke kantor Apple di Infinite Loop.

Nantinya, mobil antar jemput PAIL akan mengantarkan karyawan Apple dari kantor Apple yang sekarang ke markas Apple yang baru di Apple Park.

Sebelumnya, Apple menggelar “Project Titan” yang mempekerjakan ratusan insinyur untuk membuat mobil tanpa sopir. Proyek itu dimulai 2014 dan akan selesai pada 2019.

Sayangnya, banyak perbedaan pendapat di dalam tubuh internal Apple sendiri terkait visi mobil tanpa sopirnya. Steve Zadesky (Eksekutif Apple) yang sebelumnya bertanggung jawab dalam Project Titan ingin membuat mobil yang semiotomatis seperti Tesla.

Namun, Jony Ive (Kepala Eksekutif) menginginkan Apple membuat mobil tanpa sopir yang benar-benar otomatis walaupun hingga saat ini belum ada pabrikan teknologi dan otomotif yang berhasil mewujudkannya.

Apple juga akan mengintegrasikan semua sensor ke dalam mobil tanpa sopirnya untuk mencegah kecelakaan. Bahkan, Apple berencana merubah desain ban mobil tanpa sopirnya seperti dikutip Engadget.

Tampaknya, Apple akan menggunakan mobil pihak ketiga untuk menguji mobil antar jemput PAIL seperti Waymo yang menggunakan mobil Chrysler. Apple juga ketahuan sedang menguji mobil tanpa sopir Lexus yang memiliki teknologi RADAR dan LiDAR milik Velodyne.

Jika pengujian itu berjalan mulus, Apple bergabung dengan Intel, Waymo, Uber, dan perusahaan lainnya yang telah sukses mengujicoba mobil tanpa sopirnya.

Comments

comments