Fitur Enterprise Dukungan Teknologi di Balik Manajemen Pemilik Klub Sepak Bola Manchester City

Dukungan Teknologi di Balik Manajemen Pemilik Klub Sepak Bola Manchester City

Ilustrasi penggunaan solusi SAP oleh City Football Group. [Kredit: itespresso.fr]

City Football Group (CFG) adalah holding company di belakang sejumlah klub sepak bola ternama. Perusahaan yang berada di bawah Abu Dhabi United Group milik Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan ini menjalankan beberapa unit bisnis terkait sepak bola dan berskala global, antara lain klub, akademi, dukungan teknis, dan perusahaan pemasar (marketing).

Awalnya, CFG hanya mengelola satu klub sepak bola, Manchester City yang sukses menjuarai Premiere League tahun 2013 dan 2014. Klub yang bermarkas di kota Manchester ini termasuk salah satu klub sepak bola yang sukses dan disegani di Inggris.

Namun satu klub saja tidak cukup bagi CFG, sehingga beberapa tahun lalu menambah jumlah klub profesional yang ada di bawah asuhannya. Tak tanggung-tanggung, kali ini ekspansi CFG merambah ke tiga benua dengan membeli  Melbourne City FC (A-League, Australia), memiliki sebagian besar saham MLS Franchise New York City FC, dan menjadi pemilik saham minoritas pada Yokohama F. Marinos di J-League, Jepang.

CFG juga memiliki dua perusahaan dengan sejumlah kantor di berbagai penjuru dunia untuk mendukung kinerja klub, organisasi mitra, dan pelanggan CFG: City Football Services dan City Football Marketing.

City Football Services berurusan dengan rekrutmen, pengembangan, dan latihan. Sementara City Football Marketing lebih banyak bertugas mengurus media, marketing, dan interaksi dengan fans untuk mendukung pengembangan komersial klub dan mitra CFG.

Teknologi Sebagai Tulang Punggung

Ekspansi cepat pada umumnya mengundang tantangan pengelolaan. Namun dengan posisinya di arena sepak bola profesional yang hiperkompetitif, CFG menghadapi tantangan yang lebih rumit, antara lain pengelolaan dan efisiensi proses di sisi internal dalam skala global maupun interaksi dengan para pencinta sepak bola dan mitra CFG.

Pada pertengahan tahun 2015 lalu, City Football Group mengumumkan kemitraan dengan SAP yang mencakup semua aspek operasional CFG. Vendor teknologi asal Jerman ini ditetapkan sebagai technology backbone dan Cloud Software Provider resmi bagi CFG.

Dalam kemitraan ini, CFG mengimplementasikan aneka solusi teknologi berbasis cloud yang berbasis platform SAP HANA. Dengan cloud, kelompok bisnis yang berkantor pusat di Manchester dan memiliki kantor perwakilan di Abu Dhabi, London, New York, Melbourne, dan Tokyo ini ingin menyederhanakan operasi bisnisnya yang ada di seluruh dunia.

Selain itu, dengan cloud, CFG ingin melakukan scaling terhadap bisnis, meningkatkan produktivitas, dan menyajikan pengalaman yang lebih baik untuk para fans dari klub yang mereka kelola. Beberapa aplikasi cloud SAP yang dilibatkan antara lain adalah Simple Finance, SuccessFactors, dan SAP Jam.

Khaldoon al Mubarak (Chairman, City Football Group) menyebutkan pentingnya kemitraan dengan SAP. Selain kesiapan SAP berkomitmen secara global, menurut Khaldoon, CFG melihat keduanya sama-sama memiliki dorongan untuk terus berinovasi.

“Kami memiliki kesamaan ambisi, menciptakan produk dan solusi teknologi khusus untuk sepak bola, dan saya yakin bahwa [kerja sama] ini akan meraih kesuksesan,”jelas Khaldoon al Mubarak seperti dikutip dari sportsbusinessinsider.com.au.

Ilustrasi penggunaan solusi SAP oleh City Football Group. [Kredit: news.sap.com]

Tiga Aspek Ini Didukung Teknologi

Ada tiga aspek penting yang ingin ditingkatkan CFG dengan dukungan teknologi.

Pertama adalah business operations. Untuk memampukannya berekspansi global dan meningkatkan efisiensi operasional di semua klubnya, CFG akan mengimplementasikan solusi teknologi yang dapat meningkatkan performa talent management dan proses-proses di bidang sumber daya manusia (SDM), serta mendorong kolaborasi yang bersifat global.

Solusi analytics dan businesss intelligence juga akan diimplementasikan, terutama untuk sentralisasi infrastruktur informasi agar informasi dapat tersedia dengan segera. Dengan demikian, semua data yang diperoleh CFG mulai dari ticketing sampai dengan merchandising dapat dianalisis dan disimulasikan untuk mendukung proses pengambilan keputusan yang lebih cepat dan akurat.   

Aspek kedua adalah fan engagement. Menyajikan pengalaman menarik bagi fans di stadion-stadion milik klub di seluruh dunia juga menjadi perhatian CFG. Misalnya di Etihad Stadium, CFG memasang dinding digital interaktif yang dapat menyuguhkan real-time analytics dan insight bagi penonton dan fans yang sedang menyaksikan pertandingan.

Kepada para fans setiap klub, CFG berjanji akan menyajikan cara-cara baru mengakses dan mengkonsumsi data tentang sepak bola. Ini membuat mereka dapat melihat pertandingan sepak bola dengan perspektif yang berbeda dan memahaminya dengan cara yang lebih relevan.

Sebagai bagian dari dunia olahraga, performa pemain dan tim tentu tak boleh luput dari inovasi. Inilah aspek ketiga yang ingin ditingkatkan CFG melalui kemitraan teknologi dengan SAP, terutama di area talent management, football performance, dan human performance.  

Bagi SAP sendiri, kerja sama dengan CFG akan membantu pengembangan SAP Sports One. Solusi cloud yang menurut SAP khusus dirancang untuk memenuhi kebutuhan pelaku industri sports ini menawarkan satu platform tunggal untuk mengelola tim dan pemain secara efisien.

Solusi ini juga memiliki kemampuan menganalisis dan mengontekstualisasikan data dari berbagai sumber dan dalam aneka format. Hasil analisis tersebut diharapkan memberi insight baru untuk mengoptimalisasikan kinerja pemain dan tim.

Ilustrasi penggunaan solusi SAP oleh City Football Group. [Kredit: jacksrfleming.co.uk]

Mengelola SDM di Awan

Sebagai bagian dari rangkaian inovasi teknologinya, City Football Group baru-baru ini mengumumkan implementasi solusi Human Capital Management (HCM), SAP SuccessFactors, untuk membantu pengelolaan karyawannya di seluruh dunia yang terus bertambah. Selain mendorong efisiensi operasional dan konsistensi, implementasi ini juga akan membekali para karyawan dengan tool untuk menjalani proses-proses SDM dan berkolaborasi. Hasil yang diharapkan adalah produktivitas dan interaksi yang lebih baik.

Solusi SAP SuccessFactors Employee Central diimplementasikan untuk mentransformasi data-data terkait sumber daya manusia dalam satu struktur tunggal. Sementara SAP SuccessFactors Performance & Goals akan membantu CFG melakukan standardisasi terhadap performance management dan proses kalibrasi dalam menilai kinerja untuk karyawan di berbagai negara.

Performance review kini dikeloa melalui online portal yang interaktif dan bersifat universal untuk semua lokasi sehingga proses review kinerja dapat lebih efisien dan interaktif. Karyawan juga memperoleh kemudahan mengakses sistem HR secara self-service. Data HR yang sudah terpusat kini dapat diakses oleh berbagai sistem/aplikasi bisnis lainnya.

City Football Group juga memanfaatkan platform social software SAP Jam untuk mendukung interaksi para karyawan dan agar mereka tetap up-to-date terhadap berita-berita baru sepak bola maupun perkembangan perusahaan. Platform ini juga menyediakan ruang kolaborasi yang user-friendly bagi para karyawan. Inisiatif komunitas sebagai salah satu fokus penting dari City Football Group akan lebih mudah dikelola dan diorganisasikan meskipun dilakukan dari kota-kota yang jauh dari pusat keramaian.

Comments

comments