Berita Apple Event 2017: Resmi, Apple Luncurkan iPhone 8 dan 8 Plus

Apple Event 2017: Resmi, Apple Luncurkan iPhone 8 dan 8 Plus

CUPERTINO, CA – SEPTEMBER 12: Apple senior vice president of worldwide marketing Phil Schiller speaks during an Apple special event at the Steve Jobs Theatre on the Apple Park campus on September 12, 2017 in Cupertino, California. Apple is holding their first special event at the new Apple Park campus where they are expected to unveil a new iPhone. (Photo by Justin Sullivan/Getty Images)

Akhirnya, Apple resmi meluncurkan “duet maut” iPhone 8 dan 8 Plus di Steve Jobs Theatre, Cupertino California, Amerika Serikat, Selasa waktu setempat.

“Selama satu dekade, kami selalu meluncurkan inovasi demi inovasi hingga sekarang kami bisa menciptakan perangkat yang jauh lebih cerdas, lebih capable, dan lebih kreatif dari sebelumnya,” kata Tim Cook (CEO Apple) seperti dikutip Tech Crunch.

Kedua smartphone flagship itu memiliki bodi aluminium level aerospace dengan balutan kaca yang pemrosesan warnanya melewati tujuh lapisan. Apple mengklaim lapisan kaca itu adalah kaca pelindung paling awet untuk smartphone.

iPhone 8 mengusung layar 4,7 inci dan iPhone 8 Plus mengusung layar 5,5 inci. Kedua layarnya memiliki teknologi 3D Touch dan True Tone Display.

Apple membenamkan kedua smartphone canggih itu dengan prosesor A11 Bionic yang memiliki enam inti, berdesain 64-bit dan 4,3 juta transistor. Apple mengklaim prosesor A11 Bionic menawarkan kemampuan 25 persen lebih kencang dari prosesor A10 yang dipakai iPhone 7 dan 7 Plus serta memiliki efisiensi core sangat tinggi hingga 70 persen.

“Kinerja GPU-nya (iPhone 8 dan iPhone 8 Plus) jauh lebih kencang 30 persen dari pendahulunya,” kata Phil Schiller (SVP of Worldwide Marketing Apple) dalam sambutannya.

Apple juga meningkatkan kemampuan sektor kameranya. iPhone 8 memiliki kamera 12 megapixel dengan fitur OIS. Sedangkan, iPhone 8 Plus mengusung kamera ganda berukuran 12 megapixel dengan aperture masing-masing f/1.8 dan f/2.8 serta fitur OIS dan fitur Potrait Lighting.

Berkat prosesor A11, kedua smartphone itu mampu menghasilkan gambar yang tajam pada kondisi low-light dan pengurangan noise yang bagus. Kini, kedua smartphone itu mampu merekam video 4K dengan 60 fps serta dapat merekam slow motion 240 fps 1080p.

iPhone 8 dan 8 Plus juga mendukung penuh fitur Augmented Reality (AR), mengingat AR adalah bagian dari inovasi Apple di masa depan. Kameranya memiliki kalibarasi khusus untuk AR dengan low-light 60 fps, accelerometer, dan motion tracking yang akurat.

iPhone 8 dan 8 Plus juga menawarkan koneksi LTE, Bluetooth 5 dan pengisian daya secara nirkabel (wireless). iPhone 8 dan 8 Plus sudah mengusung fitur anti-air dan anti-debu, tidak menyertakan colokan audio standar 3,5 mm dan tombol Home tradisional.

Apple mulai membuka pemesanan iPhone 8 dan 8 Plus pada 15 September dan mulai tersedia di pasar pada 22 September 2017. Apple membanderol iPhone 8 senilai USD 699 atau sekitar Rp9 jutaan dan USD 799 atau sekitar Rp10 jutaan untuk versi iPhone 8 Plus.

Comments

comments