Berita Alasan Ini Bikin Pendiri WhatsApp “Minggat”

Alasan Ini Bikin Pendiri WhatsApp “Minggat”

Brian Acton (Pendiri WhatsApp) mengumumkan pengunduran dirinya dari WhatsApp untuk memulai usaha nirlaba sendiri.

Acton adalah salah satu dari dua pendiri WhatsApp selain Jan Koum (CEO, WhatsApp) yang sampai sekarang masih menetap di WhatsApp. Acton memimpin bagian teknik WhatsApp dan ia adalah sosok yang mendorong WhatsApp ke arah enkripsi pesan.

Acton mengumumkan kepergiannya di dalam sebuah rapat besar WhatsApp di markas Facebook pada Selasa (12/9). Ia pun mengungkapkan pengunduran dirinya ke halaman Facebook pribadinya.

“Saya sangat beruntung, saya memiliki fleksibilitas untuk mengambil risiko baru dan fokus pada apa yang saya sukai,” tulis Acton di laman¬†Facebook-nya.

“Saya telah memutuskan untuk memulai sebuah usaha nonprofit yang berfokus pada kegiatan nirlaba, teknologi, dan komunikasi. Saya akan memiliki lebih banyak hal untuk dibagikan dalam beberapa bulan mendatang,” ujarnya.

Acton adalah lulusan Stanford University dan mantan pegawai Apple. Ia bertemu Jan Koum saat keduanya bekerja di Yahoo. Acton dan Koum meninggalkan Yahoo pada 2007 dan mendirikan WhatsApp pada 2009.

Acton belum mengungkapkan secara detail usaha barunya, tetapi ia memiliki banyak dana untuk memulainya. Forbes memperkirakan kekayaan bersih Acton senilai US$6,5 miliar atau sekitar Rp85 triliun.

WhatsApp sukses menggeser kejayaan BlackBerry Messenger dan saat ini WhatsApp memiliki 1,3 miliar pengguna.

Sejauh ini, Facebook dan Koum belum memberikan respons apa pun terkait hengkangnya Acton.

Comments

comments