Berita Kembangkan Teknologi AI, Facebook Rekrut Profesor Perempuan Ini

Kembangkan Teknologi AI, Facebook Rekrut Profesor Perempuan Ini

Joelle Pineau

Facebook telah menjadikan teknologi kecerdasan buatan (AI) menjadi fokus inovasi riset dan pengembangannya di masa depan (RnD). Karena itu, Facebook merekrut seorang profesor ahli AI Joelle Pineau.

“Teknologi AI bisa membangun dunia menjadi lebih baik. Dalam 5 hingga 10 tahun ke depan, manusia bisa merasakan dampak positif teknologi AI,” kata Mark Zuckerberg (CEO Facebook) seperti dikutip Reuters.

Sebelumnya, Pineau menjabat Direktur McGill University yang fokus mengembangkan dan mengaplikasikan model serta algoritma perangkat robotika dengan proses otak terkait kesehatan, transportasi, dan bahasa.

Pineau akan memimpin laboratorium riset terbaru Facebook yang keempat di Montreal, Kanada. Sebelumnya, Facebook telah memiliki laboratorium di Palo Alto, New York, dan Paris.

Selain Facebook, Microsoft dan Google juga memiliki lab kecerdasan buatan di Montreal.

Demi mewujudkan ambisinya, Facebook harus mengucurkan dana senilai 7 juta dolar AS atau sekitar Rp92,7 miliar untuk mendukung penelitian AI di sebuah sekolah di Montreal bernama Canadian Institute for Advanced Research.

Saat ini Facebook sudah menggunakan teknologi AI untuk sistem pengenalan foto, analisis bahasa, dan iklan yang terarah. Facebook juga menggunakan AI untuk
mengidentifikasi serta menghapus konten-konten tidak pantas dalam layanannya.

Comments

comments