Berita Mulai Dijual Hari Ini, iPhone 8 Sepi Pembeli

Mulai Dijual Hari Ini, iPhone 8 Sepi Pembeli

CUPERTINO, CA – SEPTEMBER 12: Apple senior vice president of worldwide marketing Phil Schiller speaks during an Apple special event at the Steve Jobs Theatre on the Apple Park campus on September 12, 2017 in Cupertino, California. (Photo by Justin Sullivan/Getty Images)

Apple memulai penjualan perdana iPhone 8 di jaringan toko resminya mulai hari ini, Selasa (22/9). Namun, berbeda dibandingkan dengan pendahulunya, iPhone 8 tergolong sepi pembeli.

Dalam pantauan Reuters di Australia, sebagai negara pertama yang menjual iPhone 8, hanya ada kurang dari 30 orang yang mengantre di depan toko resmi Apple di Sydney pada pagi hari ini. Padahal, biasanya antrean calon pembeli iPhone edisi terbaru selalu mengular dan berjumlah sampai ratusan orang.

Berada di antrean terdepan adalah Mazen Kourouche, mahasiswa University of New South Wales yang sudah bermalam di depan toko Apple sejak 11 hari lalu.

Meski mengaku sebagai fanboy Apple sejati, Mazen pun mengakui bahwa iPhone 8 tidak begitu menarik karena tidak banyak fitur baru yang tersemat di dalamnya. “Fiturnya mirip iPhone 7, tapi kameranya bisa merekam video 4K 60 fps dan bagian belakangnya terbuat dari kaca sehingga lebih awet,” komentarnya.

Namun, alih-alih memakainya sendiri, Mazen justru bakal memberikan iPhone 8 itu kepada ibunya. “Saya tidak akan menggunakan ponsel ini. Saya tetap akan memakai iPhone 7 Plus. Saya hanya akan memberikannya kepada ibu saya,” tukasnya kepada The Telegraph.

Sebelumnya, memang diketahui bahwa motif Mazen menjadi pengantre pertama iPhone 8 di Sydney adalah ingin mencari ketenaran dan keuntungan finansial dari kanal YouTube-nya.

Mazen Kourouche, pembeli pertama iPhone 8 di Australia.

iPhone X Akan Lebih Menarik

Pemandangan tak jauh berbeda bisa ditemukan di Singapura. Cuma ada sekitar 100 calon pembeli yang menanti di depan toko Apple pertama di Asia itu.

Kendati demikian, ada beberapa fanboy yang rela terbang dari negeri seberang untuk membeli iPhone 8.

Contohnya Amin Ahmed Dholiya dari India yang membeli iPhone 8 Plus sebagai hadiah pernikahan putrinya dan Varis Sinthopruangchai dari Thailand yang sukses menjadi pembeli pertama iPhone 8 di Singapura. Varis mengaku sudah memesan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus untuk kedua orangtuanya dan nantinya akan membeli iPhone X untuk ia pakai sendiri, seperti dilansir CNET.

Di Tiongkok, antusiasme warga Tiongkok juga tampaknya tidak begitu tinggi terhadap smartphone penerus iPhone 7 ini, seperti tecermin pada sedikitnya komentar di media sosial lokal Sina Weibo.

Ta Na, salah satu pembeli pertama iPhone 8 di Shanghai, menyatakan bahwa alasannya membeli iPhone 8 hanya karena tertarik pada kamera yang lebih baik.

“Saya menonton acara peluncuran [iPhone 8] sampai tengah malam untuk tahu fitur-fitur barunya. Fungsi fotografinya cukup bagus. Jadi, saya pikir saya harus mengganti iPhone lama saya,” jelasnya.

Sedangkan di Tokyo, Jepang, Ray Yokoyama yang juga sudah membeli iPhone 8 memperkirakan bahwa minat konsumen akan lebih tinggi saat iPhone X mulai dijual November nanti.

“iPhone 8 hanya menarik bagi mereka yang ingin memiliki iPhone baru, tapi tidak mau membayar US$999 untuk iPhone X,” kata Alex Zaharov-Reutt (Technology Editor, iTWire.com).

Comments

comments