Berita Peduli Gempa Meksiko, Apple Gelontorkan Miliaran Rupiah

Peduli Gempa Meksiko, Apple Gelontorkan Miliaran Rupiah

Meksiko mengalami bencana gempa bumi 7,1 skala ritcher yang meluluh lantahkan bangunan-bangunannya dan memakan korban jiwa. Gempa bumi itu adalah gempa bumi terdahsyat yang melanda Meksiko dalam 32 tahun terakhir dan menyebabkan 233 orang meninggal dunia dan 1.900 orang lainnya terluka.

Tim Cook (CEO Apple) memberikan donasi US$ 1 juta atau sekitar Rp13 miliar. Cook menyampaikan keprihatinannya atas musibah yang menimpa Meksiko dan mengajak orang-orang untuk berdoa bagi teman dan kerabat di Meksiko.

“Donasi ini untuk membantu pemulihan pasca-gempa di Meksiko. Dimana ada kehidupan disitu ada harapan,” katanya seperti dikutip 9to5Mac.

Sebelumnya, Apple pernah mendonasikan US$ 2 juta atau sekitar Rp26 miliar untuk korban badai Harvey yang melanda Texas dan Louisiana beberapa waktu lalu.

Selain Apple, beberapa perusahan teknologi lainnya juga memberikan pertolongan. Telcel, AT&T dan Movistar yang merupakan penyedia jaringan mobile terbesar menggratiskan panggilan telepon, biaya Internet dan pesan teksnya untuk memfasilitasi komunikasi.

Yayasan milik milyuner Carlos Slim akan mendonasikan 5 peso untuk setiap 1 peso yang didonasikan oleh penduduk Meksiko guna upaya penanggulangan. Perusahaan taksi seperti Uber dan Cabify menawarkan layanan berkendara secara cuma-cuma pada hari terjadinya gempa dan ke tempat-tempat penting seperti rumah sakit, tempat pengungsian, serta pusat penanggulangan beberapa hari setelahnya.

Pembuat tortilla, makanan khas Meksiko, Gruma menyuplai makanan ke tempat pengungsian dan membuat layanan mobile.

Perusahaan bus ADO dan ETN menawarkan tiket perjalanan pergi pulang secara cuma-cuma ke kota-kota terdampak bencana bagi tim paramedis dan penyelamat yang ingin ikut memberikan pertolongan.

Restoran Olive Garden mengubah tempatnya menjadi dapur umum untuk memberikan makanan gratis kepada paramedis, pemadam kebakaran, sukarelawan serta korban bencana.

Santander Mexico, Inburse, Banorte, BBVA Bancomer dan Scotiabank untuk sementara menggratiskan biaya ATM untuk penarikan uang tunai di area terdampak gempa dan sekitarnya.

Comments

comments